Home / IniEkonomi / Pemkot Balikpapan Jamin Stok Sembako Aman
Pasar Ramadhan

Pemkot Balikpapan Jamin Stok Sembako Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menjamin ketersediaan Sembilan bahan pokok dalam dua bulan kedepan. Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kota Balikpapan Syaiful Bachri.

Menurutnya, bersama asosiasi dan distributor pangan Balikpapan, Bulog disaksikan KPPU Cabang Balikpapan telah menandatangani kesepakatan bersama unutk menjaga pasokan dan harga kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran.

“Dari yang sampaikan distributor untuk sembilan bahan pokok itu aman sampai dengan dua bulan kedepan akhir lebaran,”ungkap Syaiful Bachr.

Kata dia, Sembilan bahan pokok yang stok nya aman hingga lebaran diantaranya, beras, mentega, minyak goreng.

“Stok terjamin dan harga tidak ada kenaikan. Kalau ada kenaikan toh itu bukan dari distributor. Kan pedagang itu ada yang nggak langsung distributor. Kalau sduah sampai ke warung-warung beda harganyakan,” ujarnya..

Syaiful pun memastikan Pemerintah terus memantau harga di distributor sehingga saat pusa maupun lebaran tidak melonjak.

“Yang jelas harga dibawah kendali pemerintah itu yang didistributor. Kalau warung-warung kita nggak sampai kesana pengawasan,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika distributor ketahuan memainkan harga atau menyalahi kesepakatan maka ada sanksi administrasi. Karena ada Peraturan Menteri Perdagangan terkait tiga kesepakatan harga eceran tertinggi (HET) yakni gula perkg Rp12.500.

Kemudian daging beku Rp80 ribu perkg dan minyak goreng kemasan sederhana (tanpa merk) Rp11 ribu perliter.Harga tiga produk ini berlaku mulai 10 April hingga 10 September 2017.

“Dari teman-teman distributor hampir-hampir tidak ada perbedaan (harga) malah untuk stok lebih besar dari tahun lalu. Angkanya saya tidak ingat. Dipastikan dua bulan kedepan aman dan cukup stok,” ujarnya.

About glen

Check Also

Sepanjang Tahun 2017, BPJS Kesehatan Kaltimtengseltara Target 110 FKTP Siap Layani Peserta

  BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Guna mencegah peserta BPJS untuk tidak sakit, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *