Home / iniHL / Pantai Balikpapan Tercemar Ceceran Minyak, Pertamina Lakukan Isolasi

Pantai Balikpapan Tercemar Ceceran Minyak, Pertamina Lakukan Isolasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina RU V Balikpapan bergerak cepat melakukan penanggulangan ceceran minyak yang diketahui
pada pukul 09.30 WITA HSE Pertamina RU V menerima laporan tentang adanya ceceran minyak diperairan disekitar Jetty 1.

Dari peninjauan langsung didapati ceceran minyak dibeberapa titik, mulai dari Jetty 1 sampai ke Jetty 6. Bahkan sampai ke pantai Banua Patra hingga Monpera.

Area Manager Communication and realtion Pertamina Kalimantan, Alicie Irzanova mengatakan HSE RU V langsung berkoordinasi dengan Fungsi Marine Region 6 untuk penanganan ceceran di area perairan sekitar Jetty.

“Dari hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan adanya indikasi sumber ceceran yang berasal dari fasilitas operasional Pertamina RU V,” jelasnya (1/5/2017).

Menurutnya saat ini Pertamina RU V masih fokus untuk mengisolasi area yang tercecer agar tidak meluas dengan cara melokalisir ceceran minyak di perairan menggunakan Oil Boom dan diarahkan menuju sisi Jetty RU V agar dapat dilakukan penyedotan ceceran minyak menggunakan vacuum truck.

“Paralel proses penanggulangan di perairan, dikarenakan adanya informasi bahwa ceceran sudah mencapai pesisir pantai Monpera maka RU V langsung menugaskan beberapa personilnya untuk melakukan pembersihan ceceran disepanjang pantai Monpera untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” terangnya.

Dia menambahkan dalam menanggulangi ceceran minyak, pihak Pertamina RU V telah menurunkan berbagai peralatan/ fasilitas antara lain tug boat, kapal tunda, alumunium boat, rubber boat, vacuum truck, oil boom.

About

Check Also

Sepanjang Tahun 2017, BPJS Kesehatan Kaltimtengseltara Target 110 FKTP Siap Layani Peserta

  BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Guna mencegah peserta BPJS untuk tidak sakit, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *