Home / iniHL / Ini Tiga jenis Penyakit Yang Banyak Dialami Orang Saat Berpuasa
Kepala DKK Balikpapan Balerina

Ini Tiga jenis Penyakit Yang Banyak Dialami Orang Saat Berpuasa

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Kesehatan kota mencatat berdasakan pengalaman puasa tahun sebelumnya, banyak masyarakat yang mengalami keluhan penyakit maag dan Faringitis.

Karena itu Jelang Ramadan 2017 ini, pihaknya meminta masyarakat menjaga kesehatan agar dalam pelaksanaan ibadah puasa dapat berjalan lancar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ballerina meengatakan munculnya penyakit maag saat puasa, dikarena ada sebagian kecil masyarakat yang berpuasa tanpa menjalani makan sahur. Selain itu saat berbuka banyak menyantap gorengan.

“Kita sering temui ada maag atau gastritis. INi disebabkan warga memaksakan puasa tanpa dibekali makan sahur. Yang punya riwayat maag jangan dianggap remeh penyakit ini. Agar lambung tetap terjaga dalam kondisi sehat maka bekali makan sahur,” himbaunya (10/5/2017)

Selain itu, penyakit yang sering diderita pada bulan puasa adalah Faringitis yakni peradangan faring yang terjadi pada daerah bagian belakang tenggorokan.

Biasanya penderita merasakan sakit pada mulut dan gangguan pernafasan. Bahkan susah mengunyah karena sakit dan nyeri.

Dia menjelaskan penyakit yang bisa diderita oleh semua usia ini bisa dihindari. Dengan istirahat yang cukup dan hidup bersih serta sehat.

“Dengan makan sahur pada saat puasa,minum yang banyak, jangan makan lombok kalau punya penyakit maag. Tahun lalu penyakit faringitis dan gastritis cukup tinggi,” ungkapnya.

Disamping itu juga ditemukan penyakit hipoglikemia. Yakni rendahnya gula darah ketika kadarnya dibawah 70 mg/ dL. Hal ini terjadi pada orang yang tidak makan.

“Agar puasa tetap berjalan lancar, warga harus menjaga kesehatan dan makanan yang akan dimakan itu utamanya,” tukasnya.

About andi amir

Check Also

Panwascam Balikpapan Diminta Bersikap Netral dan Menjaga Integritas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bersikap netral, menjaga integritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *