Home / iniHL / Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim Pimpin Upacara di SMAN 5

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim Pimpin Upacara di SMAN 5

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni diperingati dengan upacara pengibaran bendera di sejumlah titik Kota Balikpapan. Di SMA Negeri 5 Balikpapan, upacara peringatan hari Pancasila dipimpin langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0905 Balikpapan Letnan Kolonel Infantri Hendri Wijaya.

Suasana jalannya upacara peringatan hari lahir Pancasila berjalan hikmad dan sempat diwarnai hujan rintik-rintik. Upacara dimulai pukul 09.00 dan pemimpin upacara membaca amanat Presiden Joko Widodo. 

“Hari ini sebagaimana sudah ditetapkan melalui keputusan Presiden nomor 24 tahun 2016, bahwa 1 Juni diperingati hari lahir Pancasila. Sehingga perlu diketahui bahwa Pancasila harga mati dan harus menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya usai upacara peringatan hari lahir Pancasila di SMAN 5 Balikpapan, (1/6/2017).

Menurutnya, upacara diselenggarakan di sekolah karena siswa adalah generasi yang akan datang yang menjaga keutuhan negara dan kebhinekaan. “Adik-adik kita sebagai generasi penerus yang harus memahami, harus betul-betul mengamalkan Pancasila secara utuh. Sehingga tetap maju ke depan dalam bingkai NKRI,” tegasnya. 

Hendri berharap generasi muda yang akan datang dapat terus mengamalkan Pancasila dan menjaga Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman. 

Usai upacara peringatan hari lahir Pancasila, Dandim membagikan permen coklat ke siswa yang bergambar lambang Pancasila dan bertuliskan lima sila Pancasila. 

Dan siswa maupun guru membawa atribut nasionalisme yang bertuliskan Pancasila dan Pancasila reborn. 

About rahma danty

Check Also

Air Sungai Ampal Berubah Warna, Banyak Ikan Mabuk diduga Akibat Limbah 

BALIKPAPAN, nibalikpapan.com – Masyarakat Balikpapan yang melintas di jalan Jenderal Sudirman dekat Hotel zurich dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *