Home / IniEkonomi / Jaringan Komunikasi di Balikpapan Siap Layani Arus Mudik

Jaringan Komunikasi di Balikpapan Siap Layani Arus Mudik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan evaluasi terkait kesiapan jaringan telekomunikasi dalam mengantisipasi potensi peningkatan trafik khsusnya saat arus mudik lebaran.

“Kegiatan ini rutin dalam rangka paparan publik mengenai evaluasi kesiapan operator dan antisipasi yang perlu dilakukan terkait adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, lebaran dan arus balik, ” katanya

Menurutnya, evaluasi terkait kesiapan jaringan telekomunikasi tersebut, dilaksanakan di 7 kota yakni Batam, Jakarta, Balikpapan, Semarang, Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan Padang.

“Pusat titik mudik berdasarkan rekomendasi Kementerian Perhubungan ada di Jakarta, Batam dan Balikpapan. Penduduk didominasi kaum pendatang yang sebagian besar dari kota – kota di Pulau Jawa,” terangnya.

Dia mengungkapkan, hasil uji petik menunjukkan hasil yang baik jaringan telekomunikasi seluler di Balikpapan sehingga dinyatakan siap melayani arus mudik lebaran dan arus Balikpapan lebaran.

“Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Balikpapan dilakukan menggunakan metode static tes pada titik-titik yang diperkirakan menjadi keberangkatan mudik,” imbuhnya.

Untuk memastikan kualitas layanan dilakukan pengujian terhadap jaringan telekomunikasi dan fasilitas pendukung. Pengujian jaringan dilakukan 4 hal yakni kualitas layanan telepon, kualitas layanan SMS, kualitas layanan mobile Internet dan kualifikasi cakupan mobilitas.

“Melalui pengujian itu diharapkan performansi jaringan dapat terpantau dengan baik sehingga operator telekomunikasi mampu melayani pelanggan dengan tetap memenuhi kriteria yang disyaratkan khusus mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik arus mudik, hari raya dan arus balik 2017,” bebernya.

Dalam evaluasi tersebut, tampakpimpinan masing-masing operator seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, SMART Fren, dan PT Telkom, Balai monitoring Balikpapan, Kepala Dinas komunikasi dan informasi Balikpapan, dan Dishub Balikpapan.

About glen

Check Also

DPRD Minta Pemkot Perioritaskan Pembangunan Kantor Kelurahan Graha Indah di APBD P 2017 atau APBD 2018

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kondisi kantor Kelurahan Graha Indah  yang tidak layak, karena sempit dan mempengaruhi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *