Home / iniHL / Selama Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Beri Pelayanan Khusus

Selama Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Beri Pelayanan Khusus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – BPJS Kesehatan selama libur lebar Idul Fitri tahun ini memberikan pelayanan kesehatan khusus. Bagi pemudik tidak perlu melapor ke kantor cabang.

Karena itu peserta diingatkan agar selalu membawa kartu kepesertaan.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Balikpapan, Muhammad Fakhriza mengatakan peserta pelayanan kesehatan dapat langsung ke rumah sakit atau IGD.

” Jika pemudik mengalami masalah kesehatan peserta bisa langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, baik dalam keadaan darurat maupun non-darurat,” kata Fakhriza dalam rilis bersama Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan dengan DKK Balikpapan, RSUD Balikpapan dan RS Pertamina (15/6)/2017).

Lanjutnya kebijakan penyederhanaan pelayanan itu berlaku mulai 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

“Khusus di Balikpapan ada 2 rumah sakit yakni Pertamina dan RSUD Gunung Malang dapat langsung ke rumah sakit untuk pelayanan non emergency,” ungkapnya.

Menurutnya kebijakan yang dikeluarkan selama musim mudik lebaran itu mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Hanya saja, peserta yang bisa mendapatkan pelayanan saat mudik harus berstatus Kepesertaan Aktif.

“Karena itu peserta harus memastikan telah membayar iuran dan disiplin agar status kepesertaannya tetap aktif,” imbau Fakhriza sembari aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh di Google Play Store untuk perangkat Android.

Pada kesempatan itu Fakhriza juga mengungkapkan mulai tahun ini memperkenalkan aplikasi BPJS Kesehatan.

“Aplikasi itu menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, info dan tips hingga lokasi-lokasi penting dan media sosial milik BPJS Kesehatan,” beber Fakhriza.

Sementara Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina mengatakan selama libur lebaran pelayanan kesehatan tetap dilayani.

” Ada 7 puskesmas perawatan yang buka 24 jam dan 5 puskesmas non-perawatan juga dibuka untuk melayani kesehatan masyarakat mulai 29 Juni sampai 1 Juli 2017,” ungkapnya.

Untuk 7 Puskesmas 24 jam yakni Manggar, Manggar Baru, Sepinggan, Klandasan Ilir, Mekarsari, Baru Ulu dan Kariangau serta Karang Joang.
Sedangkan 5 puskesmas non perawatan buka pada jam kerja selama libur lebaran yakni Damai, Karang Rejo, Baru Tengah dan Gunung Samarinda serta Tritip.

“Untuk posko simpatik ada ada 3 yakni i Manggar, pelabuhan feri Kariangau, jalan poros Balikpapan-Samarinda di Karang Joang dan di Taman Baca Manggar,” sambungnya.

About andi amir

Check Also

DPRD Minta Pemkot Perioritaskan Pembangunan Kantor Kelurahan Graha Indah di APBD P 2017 atau APBD 2018

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kondisi kantor Kelurahan Graha Indah  yang tidak layak, karena sempit dan mempengaruhi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *