Home / iniFLASH / Menhub Tinjau Pelabuhan Semayang dan Cek KM Labobar, Tempat Tidur Jadi Perhatian Serius

Menhub Tinjau Pelabuhan Semayang dan Cek KM Labobar, Tempat Tidur Jadi Perhatian Serius

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memasuki H-8 lebaran 2017, suasana mudik melalui pelabuhan Semayang, Balikpapan mulai ramai.

Pada Sabtu ini (17/6/2017) diberangkatkan 3000 lebih penumpang tujuan Surabaya dengan tiga kapal berbeda.

Pada Pukul 12.00 wita kapal Pelni KM Labobar dari Papua ke Balikpapan untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Sekitar 1000 penumpang turun dan naik sekitar 1000 penumpang sehingga jumlah penumpang diberangkatkan KM Labobar sekitar 3076 penumpang dengan tujuan Surabaya, Jawa Timur.

Dan pukul 15.00 wita, KM Swarna Bahtera tujuan Makasar jumlah penumpang sekitar 321 orang. Selanjutnya
Pukul 21.00 wita KM Kirana tujuan Batu Licin, Surabaya mengangkut 800 orang

Menteri Perhubungan Budi Karya tiba di pelabuhan pukul 12.30 wita. Memhub langsung berdialog dengan pemudik. Dilanjutkan pemeriksaan mesin X Ray sekaligus Menhub menjalani pemeriksaan.

Didampingi Dirjen Perhubungan Laut, Wali Kota Rizal Effendi, anggota Komisi V DPR RI, Dirut Pelni, KSOP, GM Pelindo 4, Menhub melanjutkan peninjau ke dalam kapal dan berdialog singkat dengan penumpang.

Budi Karya juga melakukan pemeriksaan sekoci dan mencoba memasuki sekoci KM Labobar.

Menhub meminta kepada Pelindo dan KSOP memperhatikan lebih baik lagi dalam penangan penumpang terutama tenda penumpang.

” Saya terimakasih dengan Pelni tapi ada beberapa yang perlu ditingkatkan seperti tenda menunggu penumpang dilebarkan. Kita tadi bicara dengan pak wali kota
Setuju juga mau manfaatkan GOR. Kita khawatir mereka menginap tidak satu hari tapi bisa dua hari,” katanya disela-sela timjauan ke Semayang,(17/6/2017).

Menhub menilai untuk kebersihan toilet pelabuhan sudah bersih. Secara umum pelayanan sudah lebih bagus.

Namun dalam tinjaunya banyak penumpang yang tidak mendapatkan tempat tidur. Karena itu kedepan perlu dipikirkan oleh Pelni agar lebih baik sebab perjalanan ke Surabaya mencapai 20 jam.

“kapasitas kapal 4500 sekitar 40 persen ngak dapat tempat. Ini kita pikirkan apakah ditambah tempat duduk apakah tempat tidur imi kita pikirkan kedepannya,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala Pelni Balikpapan Firman memperkirakan kenaikan arus mudik di pelabuhan Semayang Balikpapan pada 2017 sekitar 2 persen.

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Bocor Lagi, Pelanggan PDAM Alami Gangguan Distribusi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PDAM Balikpapan kembali menginformasikan terjadi kebocoran jaringan pipa utama jalan Soekarno Hatta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *