Home / iniHL / Sekolah Raffles Berikan Solusi Bagi Sekolah Kekurangan Ruang Kelas
Siswa SMA Raffles Independen School tetap nyaman belajar meski ruangan yang digunakan bekas kontainer. Tampak, Komisi IV DPRD saat melakukan sidak (4/8/2017)

Sekolah Raffles Berikan Solusi Bagi Sekolah Kekurangan Ruang Kelas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ditengah keterbatasan anggaran dan lahan, Dinas Pendidikan kota dapat memanfaatkan eks kontainer untuk digunakan sebagai ruangan guru atau ruang lainya di sekolah. Hal ini seperti yang dilakukan sekolah unggulan Raffles Independen School Cambridge jalan MT Haryono.

Wakil ketua Komisi IV DPRD Aminuddin berpendapat dinas pendidikan dapat memanfaatkan eks kontainer yang telah dibenahi untuk dijadikan menjadi ruang ruang guru, lab atau ruang perpustakaan atau ruang tata usaha. Sehingga ruangan itu nantinya dapat dialihkan sebagai ruangan kelas.

“Ini kan bisa dijadikan ruangan untuk komputer, tata usaha jadi ruangan yang ada selama ini dijadikan ruangan untuk belajar. Dan ini biayanya tidak terlalu mahal,” bebernya usai melakukan sidak di sekolah unggulan Raffles Independent kemarin.

Menurutnya ditengah keterbatasan ruangan ini, kontainer bekas seharga Rp10 juta ini dapat menjadi alternatif solusi mengatasi persoalan keterbatasan rombel di sekolah.

“Ini solusi bisa dipakai oleh kita. Paling tidak ruang kontainer ini bisa dipakai raung komputer, untuk lab bisa dipergunakan,” ujarnya menggebu-gebu.

Atas temuan ide ini, pihaknya akan menyampaikan kepada dinas pendidikan kota. “Kita akan undanga dan kita sampaikan ke disdik. Inilah bisa kota contoh bahwa ada sekolah yang menggunakan kontainer bekas. Waktu itu mereka harus menyediakan ruangan dalam waktu enam bulan. Tidak mungkin dia membangun enam bulan ya solusinya diadakan ini,” ulasnya.

“Jika kita membutuhkan ruang yang lebih luas ya sudah sambung menyambung (kontainer itu). Ya kan ada itu,” sambungnya.

dua kontainer bekas yang sudah dimodifikasi digunakan untuk ruang belajar di sekolah Raffles
Kordinator sekolah Raffles Independent School, Jane menjelaskan penggunaan kontainer bekas yang dirubah menjadi ruang belajar ini karena saat ajaran baru sekolah banyak menerima murid sementara ruangan belajar terbatas. “Kelas kita belum punya maka satu-satu cara bagaimana bisa cepat ya gunakan kontainer ini karena lebih cepat sehingga dimodifikasi. Memang diberikan 6 bulan tapi dalam 3 bulan sudah jadi. Desember itu akhir Februari sudah jadi,” jelasnya kemarin.

Satu kontainer bekas menurut Jane Rp10 juta ditambah biaya modifikasi. “mungkin inspirasi ini bisa dibawa. Kalau mau biaya murah terus cepat mugkin kontainer ini solusinya,” tukas Jane.

About andi amir

Check Also

DPRD Minta Pemkot Perioritaskan Pembangunan Kantor Kelurahan Graha Indah di APBD P 2017 atau APBD 2018

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kondisi kantor Kelurahan Graha Indah  yang tidak layak, karena sempit dan mempengaruhi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *