Home / iniKOMUNITAS / IniGAYA / Ini 5 Putaran Arah Yang Kerap Dilanggar
Pengendara roda dua dihentikan polisi karena melanggar putaran arah disekitar masjis At Taqwa Balikpapan Senin (4/1/2016)

Ini 5 Putaran Arah Yang Kerap Dilanggar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah kota tahun 2016 ini telah menetapkan sebagai salah satu tahun ketertiban, tahun perubahan. Namun jika dilihat dari sisi berlalu lintas banyak oknum pengguna jalan yang tidak menghiraukan rambu-rambu.

Mereka yang kita anggap sebagai oknum ini mungkin hanya takut pada petugas polisi ya. Seharusnya sebagai warga Balikpapan harus bisa menunjukan pola berlalu lintas sesuai aturan. Baik itu ada polisi atau tidak. Karena kita perlu memberikan contah minimal bagi keluarga kita.

Inibalikpapan merangkum dan memantau sejumah putaran arah jalan utama yang bertanda larangan memutar namun masih sering dilanggar terutama di Jalan Jendaral Sudirman dan Ahmad Yani.

  1. Putaran arah depan masjid At Taqwa yang sekarang ini telah dipasang tanda larangan berputar arah. Sebelumnya boleh berputar namun sejak Desember lalu diubah oleh dishub karena daerah itu sering dijadikan pengendara yang dari pasar atau mau kepasar memotong jalan (crossing) sehingga membahayakan pengguna lainya.
  2. Putaran arah didepan Gedung parkir sebelum Taman Bekapai Dari Arah kantor pemkot tidak jarang pengguna jalan berputar arah di depan simpang Taman Bekapai.
  3. Putaran Depan RS Restu Ibu. Meski ada papan larang memutar tak jarang oknum pengguna jalan dari arah selatan memutar arah depan RS sehingga membahayakan pengguna jalan dari arah hotel Pasific. Putaran ini sering dilanggar. Sebaiknya jika ini berputar memilih didekat SD 006 Gunung Sari Ilir.
  4. Kembali ke jalan Jendaral Sudirman, putaran arah depan pintu masuk kantor pemerintah kota. Putaran ini meski tertulis dilarang berputar tak jarang penggendara roda dua melakukan aksi pelanggaran.
  5. Masih di jalan Sudirman, putaran arah yang kerap dilanggar yakni depan Pertokoan Pasar Baru (setelah Depot Miki lama) sebelum Jembatan. Dari arah Balikpapan plaza, pengguna roda dua kerap berputar arah padahal sudah terpasang rambu larangan berputar. Kawasan ini termasuk padat lalulintasnya sehingga sangat mungkin terjadi kecelakaan akibat tindakan oknum pengguna jalan.

Mungkin banyak putaran arah di jalan-jalan Balikpapan yang dilanggar pengguna jalan. Namun ini beberapa ruas jalan yang dipantau oleh tim Inibalikpapan.com. Ketertiban di jalan Balikpapan sangat bergantung pada penggunanya yakni kita sendiri. Mau tertib atau tidak semua bergantung pada kita bukan polisi. Mungkin sudah waktunya pemerintah kota bersam a kepolisian memberikan surat tilang elektronik dan online kepada penggun jalan. Caranya? Mungkin perbanyak CCTV seperti di Singapura dan Hongkong atau kota lainya. mereka cukup diawasi oleh kamera. (Andi)

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Dewan Ingatkan Hati-hati Dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan mengingatkan Dinas Pendidikkkan dan Kebudayaan Kota agar berhati-hati dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.