Home / iniHL / Ini Penyakit yang Banyak Diderita Masyarakat Pasca Lebaran

Ini Penyakit yang Banyak Diderita Masyarakat Pasca Lebaran

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com -Penyakit Ispa, Hipertensi, Maag, merupakan jenis penyakit yang banyak diderita masyarakat Balikpapan usai lebaran pekan lalu.

Mesti tidak disebutkan angka kuantitatif namun berdasarkan laporan Puskesmas dan rumah sakit,  Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mencatat sejumlah penyakit yang banyak idap masyarakat.

“Ya penyakit Ispa, Hipertensi, Maag, gula ada juga sakit di ulu hati dan gatal-gatal dan nyeri otot,” kata Kepala DKK Balerina (14/7).

Balerina mengatakan penyakit tersebut banyak dialami masyarakat dikarenakan pola makanan yang dikomsumi pasca berpuasa. Banyak makanan yang mengandung  soda, kacang-kacangan dan santan yang memicu sejumlah penyakit apalagi sebelumnya memiliki riwayat penyakit tertentu.

“ Ya bisa   juga dengan pola makan,” ujarnya.

DKK kata Balerina juga menyebutkan selama ramadan kemarin juga terjadi peningkatan penderita DBD. Korban meninggal sebanyak 17 orang. Namun penderita terus bertambah.
“Mudah-mudahan tidak nambah ya. Tahun kemarin kan 25 orang yang meninggal kalau sekarang 17 orang ,”katanya.

Balerina menyebutkan penderita  DBD katanya sudah mencapai 2.242 orang. Sebelumnya hanya 2042 orang sehingga ada kenaikan 10 persen. “Ya seperti itu kan tahun ini kita tahun prihatin  dan waspada DBD karena lima tahun lalu kita pernah KLB DBD,” ucapnya.

Penambahan korban ini tidak lepas dari faktor cuaca yang anomali sehingga jika lingkungan tidak bersih akan mudah nyamuk berkembang biak.

Karena itu pihaknya terus mengingatkan masyarakat untuk waspada DBD dengan menjaga kebersihkan lingkungan.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Persoalan PPDB, Fraksi- Fraksi Minta Pemkot Bantu Gakin dan Bangun Sekolah Baru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com– Fraksi- fraksi DPRD Balikpapan meminta agar pemerintah kota sementara waktu dalam APBD Perubahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.