Home / IniEKONOMI / Ini Target Kunjungan Wisatawan di Balikpapan
Pantai Manggar, salah satu primadona wisata Balikpapan

Ini Target Kunjungan Wisatawan di Balikpapan

Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan semakin optimis kunjungan wisatawan di kota ini dapat ditingkatkan, meski kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih. Berdasarkan target yang dicanangkan Walikota Rizal Effendi, jumlah pelancong tahun 2016 ini bisa mencapai tiga juta 35 ribu orang.

“Target tersebut naik dari tahun 2015 yang dicanangkan sebanyak dua juta orang lebih,” kata Rizal Effendi. Kenaikan target kunjungan yang mencapai 50 persen tahun ini, tak lepas dari pencapaian Dinas Pariwisata Kota Balikpapan yang mampu mendatangkan hampir tiga juta orang selama 2015. Artinya realisasi kunjungan wisatawan di Balikpapan melampaui target.

Sampai dengan akhir tahun 2015, Dinas Pariwisata mencatat realisasi kunjungan wisatawan sebanyak 2,9 juta orang, yang yang terdiri dari 2,88 juta wisatawan nusantara, dan 34 ribu wisatawan mancanegara. Sedangkan target yang dipatok tahun lalu hanya 2,23 juta wisatawan yang terdiri dari 2,2 juta wisatawan nusantara dan 30 ribu wisatawan asing.

Meski jumlah kunjungan wisatawan melebihi target, retribusi tempat wisata terhadap pendapatan asli daerah masih sangat kecil. Data yang diekspose pada paparan akhir tahun menunjukkan target kontribusi tempat rekreasi hanya sebesar Rp 1,485 miliar. Sementara kontribusi tempat olahraga sebesar Rp 170 juta.

Dari jumlah tersebut, realisasi retribusi tempat wisata hanya 83,9 persen atau sebesar Rp 1,231 miliar dan sarana olahraga sebanyak Rp 136 juta. Melihat data tersebut, pemerintah nampaknya tak terlalu optimis memasang target pendapatan retribusi di tahun ini. Terlihat dari target yang dipatok hanya sebesar Rp 1,5 miliar dari tempat wisata dan Rp 250 juta dari sarana olahraga.

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

Pelaku UMKM Balikpapan Harus Melek Digital

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – Pemerintah Kota Balikpapan meminta agara para pelaku usaha mikro kecil dan menengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.