Home / iniFLASH / Ini Tiga Agenda Jokowi Saat Kunker ke Kaltim

Ini Tiga Agenda Jokowi Saat Kunker ke Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan langsung tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Meski progresnya belum mencapai 100 persen, karena belum rampungnya sesi I dan sei V, namun tol pertama di Kalimantan tersebut bakal di buka untuk umum.

Untuk diketahui proyek jalan tol Balsam terdiri atas lima sesi. PT Wika memenangkan proyek pembangunan pada sesi I, yaitu mulai ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,025) Km dan sesi V Balikpapan (Km 13) – Sepinggan (11,500 Km). Selebihnya dikerjakan oleh Jasamarga yang mencakup sesi II meliputi ruas Samboja- Muara jawa (30,975 Km); Sesi III meliputi ruas Muara Jawa- Palaran (17,300 Km) dan sesi IV Palaran- Samarinda (17,550 Km).

“Presiden akan bermalam di Balikpapan. Selanjutnya peresmian tol di Samboja. Setelah peresmian, presiden dan rombongan meninjau lokasi Ibu Kota Negara yang baru di Sepaku,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Minggu (15/12/2019).

Rizal optimis dengan dibukanya tol Balsam untuk umum, akan menggairahkan kembali aktivitas di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Rizal mengungkapkan penumpang yang menggunakan Bandara Sepinggan kini menurun, akibat beroperasinya Bandara Samarinda. Dampaknya retsribusi parkir bandara yang masuk ke kas daerah menjadi berkurang.

“Semenjak Bandara APT Pranoto diresmikan kita kehilangan pendapatan parkir separuh nya, atau 500 juta rupiah se-hari. Kalau jalan tol sudah lancar, nanti satu jam saja tembus, warga Samarinda dan sekitarnya kembali menggunakan Bandara Sepinggan,” kata Rizal.

Lebih jauh Rizal mengatakan, kunjungan kerja (Kunker) presiden ke Kaltim selain meresmikan tol Balsam dan meninjau lokasi IKN, diagendakan pula mengunjungi wiayah timur Balikpapan. Kata Rizal, presiden akan meninjau lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar. Kunjungan ini, presiden ingin melihat langsung kondisi TPA yang didaulat menjadi yang terbaik di Indonesia tersebut.

“Pak presiden hari Rabu rencananya mengunjungi tempat sampah kita. Ini luar biasa pak presiden mau ke tempat sampah Balikpapan. TPA kita ini menjadi terbaik di Indonesia,” ujar Rizal.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Gowes Sinergitas Kodam – Polda Tempuh Jarak 45 Km

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — TNI dan Polri di Balikpapan membuktikan kekompakan di lapangan dengan mengadakan Gowes …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.