Home / IniEKONOMI / Jadi IKN, 2025 Kapasitas Bandara Sepinggan Capai 30 Juta Penumpang Pertahun
GM AP I Balikpapan Farid Indra Nugraha didamping Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I Sepinggan Balikpapan Andanina Dyah Permata

Jadi IKN, 2025 Kapasitas Bandara Sepinggan Capai 30 Juta Penumpang Pertahun


BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com— implikasi Kaltim menjadi IKN,  Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diproyesikan pada 2025 mampu menampung kapasitas penumpang 30 juta pertahun. 
Saat ini kapasitas penumpang pertahun di Bandara Sepinggan Baru 5-15 juta  penumpang per tahun.

Sehubungan dengan itu,  Run Way bandara juga akan diperpanjang dari 2500 meter menjadi 3000 atau 3250 meter.

Perpanjangan bandara akan ke arah barat atau melakukan reklamasi pantai. 
GM AP I Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan untuk sekelas Ibu Kota,  Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan menyesuaikan fasilitas dan infrastruktur yang ada.

“Sudah ada rapat-rapat dengan sekretariat negara bahwa Angkasa Pura I diminta untuk pengembangan. Bulan ini insyaallah kita akan tetap ke negara beberapa usulan misalnya Runway kita insyaallah akan diperpanjang jadi 3000 atau 3250 meter.  keputusan ada di Jakarta tapi yang jelas diperpanjang, ” beber Farid kepada media,  (11/9).

Begitu pula dengan keberadaan terminal akan ditambah. Yang ada saat ini luasan 110 ribu meter persegi dengan 10 juta penumpang.

“Itu dianggap tidak mampu  karena terminal itu biasanya  diprediksi jauh melebihi dari rencana atau eksisting.  Kalau 2025 sudah memenuhi direncanakan  20 juta pasti akan dikembangkan sampai 30 juta. Jadi direncanakan bandara menampung sampai 30 juta penumpang, ” ungkapnya.

Sementara terkait design menurut Farid ada beberapa design  akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas  dan pihaknya juga sudah lama memiliki masterplan bandara. ” Insya Allah setahun kedepan sudah ada pekerjaan fisik, ” katanya. 

Ditanya soal terminal lama akan diperluas dengan tetap mempertahankan motif Lamin Kaltim. ” Model Lamin Kaltim akan kita pertahankan, ” tandasnya. 
Seluruh pembiayaan akan ditangani oleh AP I Pusat. ” Pembiayaan berapa kita belum tahu, ” ucapnya. 

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.