Home / iniFLASH / Januari 2017, Tarif Masuk Pantai Manggar Balikpapan Naik
Pengunjung Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. (foto: Andi A)

Januari 2017, Tarif Masuk Pantai Manggar Balikpapan Naik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mulai Januari 2017 Pemerintah Kota Balikpapan menaikkan harga tiket masuk ke Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan Timur.

Kenaikkan harga tiket masuk Pantai Manggar tersbut, tinggal menunggu disahkan dan saat ini sedang dalam evaluasi Gubernur Kaltim. Jika disahkan maka harga tiket otomatis naik.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan Abdul Majid.

“Kalau belum disahkan maka sementara pakai tarif retribusi yang lama,” ujar Abdul Majid.

Diperkirakan dengan tarif baru tersebut, maka akan ada kenaikan bagi retribusi Pantai Manggar hingga 50 persen atau sebesar Rp 3,6 miliar tahun 2017.

Rencananya harga tiket Pantai Manggar per orang dari yang sebelumnya Rp 3 ribu menjadi Rp 10 ribu. Untuk kendaraan roda empat dari sebelumnya Rp 10 ribu menjadi Rp 15 ribu.

“Karena ada revisi retribusi jasa umum itu dan kenaikan tarif kita berani targetkan PAD sampai Rp 3,6 miliar. Itu angka yang realistis untuk dicapai,” ungkapnya.

Agar target bisa tercapai, pengawasan juga akan ditingkatkan. Terutama pada jalur masuk ilegal akan diawasi dan dihalangi. Sehingga jalan masuk da keluar hanya bisa diakses lewat satu pintu yang ada loketnya.

“Kecuali kalau pemerintah buat jalan termbusan Lamaru Manggar sepanjang 80 meter. Bisa jadi akses tambahan untuk keluar masuk. Tapi ini tidak berlaku kalau hari ramai seperti Lebaran dan tahun baru. Harus pakai satu pintu agar tetap termonitor dengan maksimal,” ucapnya.

Adapun pengunjung Pantai Manggar pertahunnya sebanyak dua juta lebih. Dan saat ini untuk target PAD pada APBD P 2016 sebesar Rp 1,6 miliar dan realisasinya hingga kini mencapai Rp 1,39 miliar.

“Kami usaha keras supaya mencapai target hingga akhir tahun ini. Kalau memang 2016 tidak sampai target PAD tidak apa-apa. Tidak akan mengubah target PAD kami utuk 2017,” tandasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Potensi Industri Kerajinan Kaltim Butuh Dukungan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kaltim memiliki potensi industri kerajinan yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.