Home / iniFLASH / Job Café Sahabat, Cara Dinasker Layani Masyarakat Diluar Jam Kerja
Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi

Job Café Sahabat, Cara Dinasker Layani Masyarakat Diluar Jam Kerja

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan melakukan terobosan baru dengan menghadirkan Job Café Sahabat. Tujuannya untuk melayani masyarakat yang belum sempat ke Kantor Disnaker pada saat jam kerja.

Kepala Disnaker Kota Balikpapan Tirta Dewi mengatakan, dengan tagline “Santai Hangat Bersama Masyarakat” Job Café Sahabat itu akan melayani masyarakat khususnya menyakut ketenagakerjaan pada malam hari di Kantor Disnaker.

“Kalau kami lihat banyak yang tidak berkesempatan untuk merasakan pelayanan Disnaker pada jam kerja, sehingga kami berinovasi walaupun kecil tapi kami harapkan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

“Jadi kami melihat juga bahwa momen kita nanti jadi daerah penyangga Ibu Kota Negara, ini akan banyak juga orang yang akan hadir tentunya juga masyarakat, tenaga kerja, perusahaan. Jadi kita melihat kebutuhan masyarakat, yang mungkin tidak sempat dilaksanakan pada jam kerja,”

Dia mengatakan, pelayanan yang dilakukan di Job Café Sahabat berbeda dengan ketika jam kerja di Kantor Disnaker. Karena di Job Café Sahabat lebih santai, tidak terlalu birokrasi. Karena dilayani lebih lebih santai dan hangat sesuai taglinennya.

“Kami lakukanlah namanya pelayanan diluar jam kerja dengan wadahnya adalah job café

Jadi pelayanan ketenagakerjaan yang sesantai mungkin yang mungkin tidak terlalu birokrtatis diasakan,  hangat dan santai bersama masyarakat,” ujarnya

“Sehingga tidak dirasakan bahwa OPD Unit Pelayanan itu kaku dalam memberikan pelayanan. Kita ingin santai disini, sesantai di café. Kita mungkin bisa melihat ada perusahaan yang pegawainya tidak sempat karena runtinitas juga perusahaan sehingga kita ambil alternative pelayanan diluar jam kerja,”

Dia mengungkapkan, semua pelayanan yang biasa dilayani pada jam kerja juga akan didapatkan di Job Café Sahabat. Mulai dari pelayanan, pembuatan kartu AK 1, konsultasi pencari kerja, perusahan maupun  lainnya akan dilayani pada malam hari.

“Semua layanan Disnaker keculia mediasi. Kalau mediasi kita tidak lakukan pada malam hari, tetapi konsultasinya It’s ok dilakukan apa saja. Kita lakukan pelayanan yang lain-lain mungkin tidak sempat antar surat kami siap,” ujarnya

“Kita mungkin bisa melihat ada perusahaan yang pegawainya tidak sempat karena runtinitas, juga perusahaan sehingga kita ambil alternative pelayanan diluar jam kerja.  Mungkin berkonsultasi dilakukan malam hari sambil santai,”

Kata dia, untuk sementara Job Café Sahabat hanya dibuka khusus hari Rabu dan Jumat Malam. Sambil melihat animo masyarakat. Jika antusias masyarakat tinggi, kemudian waktunya atau harinya bisa ditambah. Untuk petugasnya akan bergantian

“SDM nya kita berlakukan bergantian, misalnya yang bertugas hari Rabu nanti gantian lagi bertugas di hari Jumat lain, untuk sementara kita lakukan seminggu dua kali. Nanti kita lihat animo masyarakat meningkat, ya kita nanti akan tammbah waktu,” ujarnya.

“Karena ini sebagai akternatif pilihan masyarakat yang memang tidak berkesempatabn untuk hadir memanfaatkan pelayanan pada jam kerja.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Ini Alasan Perkim Pasang Lampu di TPU

BALIKPAPAPAN, Inibalikpapan.com— Masyarakat kini dapat melakukan penguburan di malam hari  sebab Dinas Perumahan dan Pemukiman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.