Home / iniFLASH / Jumlah Kasus Difteri Bertambah, DKK Vaksin ke Sekolah

Jumlah Kasus Difteri Bertambah, DKK Vaksin ke Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com -Bertambahnya jumlah positif kultur difteri dan suspect, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah penularan dan kasus baru untuk penyakit difteri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina menyebutkan jumlah kasus positif kultur difteri saat ini mencapai 3 kasus dan 22 kasus positif mikroskopis atau suspect difteri. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya, hanya 2 kasus positif difteri dari 17 kasus suspect.

“Memang ada penambahan jumlahnya, yang tiga positif difteri ini ada di Kecamatan Timur dan Barat. Kita penanganannya terus melakukan vaksin ke sekolah,” katanya Senin, (12/2/2018).

Menurutnya, pelaksanaan vaksin sendiri dilakukan pada daerah yang ditemukan pasien positif yaitu di Barat dan Timur. Namun nantinya secara keseluruhan sekolah dilakukan vaksin juga secara bertahap.

“Kita mulai pada daerah yang ada kasusnya khususnya positif difteri. Selanjutnya merata vaksin dilakukan pada seluruh sekolah,” sebutnya.

Adapun pengadaan vaksin untuk usia 5 dan 7 tahun Balerina menyatakan saat ini vaksin untuk usia tersebut sudah tersedia. Namun karena ruang penyimpanan terbatas maka permintaan dilakukan secara bertahap.

“Stok vaksin bagus karena kita tempat penyimpanan kecil, jadi bertahap. Yang jelas yang dibantu 1-19 tahun. 5 sampai 7 tahun vaksinnya sudah ada, jangan khawatir kami masih bisa menyediakan dengan bantuan dari pemerintah pusat,” tutur Balerina.

Untuk diketahui vaksin dilakukan dalam beberapa tahap yakni untuk usia 1 hingga 5 tahun mendapatkan vaksin DPT HB Hib, usia 5 hingga 7 tahun vaksin DT, dan 7 hingga 19 tahun vaksin Td.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Rantai Pasokan Ayam Potong Panjang, Ambil Untung Rp2000 Perekor

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Tingginya harga ayam potong di pasar tradisional tidak lepas pula dari panjang mata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *