Home / iniFLASH / Jumlah TPS di Lapas dan Rutan Balikpapan Bertambah
Rapat Pleno KPU Balikpapan

Jumlah TPS di Lapas dan Rutan Balikpapan Bertambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hasil rapat pleno KPU Kota Balikpapan memastikan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu 2019 bertambah Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha.

“TPS yang kemarin kita tetapkan 2055 sekarang menjadi 2061, jadi ada penambahan beberapa TPS,” ujar Noor Toha.

Menurutnya, penambahan itu khususnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) Kota Balikpapan yakni ada peambahan 10 TPS. Penambahan TPS itu karena jumlah pemilih meningkat.

“Karena di lapas rutan itu ternyata pemilihnya cukup banyak, karena satu TPS tidak boleh melebih 300 pemilih, maka kita siapkan ada sekitar 10 TPS disana,” ujarnya.

Dia mengakui, rapat pleno daftar pemilih tetap hasil perbaikkan (DPTHP) 2 memang agar molor dari biasanya. Hal itu karena ada temuan dari Panwaslu maupun masyarakat yang melaporkan belum terdaftar.

“Nah pada saat dilakukan penetapan di PPK itu ternyata selang beberapa hari ini data bergerak ya, karena memang ada temuan dari masyaakat maupun Panwaslu yang melaporkan, ada yang belum terdaftar, sehingga penatapan DPTHP 2 ini memang agak molor dibanding biasanya,” ujarnya

“Biasanya kan apa yang dibacakan teman-teman PPK tentang rekapitulasi yang dilakukan PPK sudah kita tetapkan , ternyata tadi malam ada perubahan plenonya agak lambat namun alhamdulilah selesai komposisi yang pertama ada perubahan TPS.”

Dalam rapat pleno tersebut juga diketahui, jumlah pemilih berkurang sekitar 1000. Hal itu karena pemilih yang tidak memenuhi syarat diantaranya pemilih yang belum cukup umur, data ganda, pindah tidak melapor maupun meninggal.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Sidak Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tim Gabungan Satgas Pangan Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Disdag Kaltim dan Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.