Home / iniFLASH / Kampung Kangkung, Destinasi Baru Wisata Balikpapan
Kampung Kangkung Destinasi Wisata Baru Balikpapan (salah satu program pemberdayaan masyarakat kelurahan)

Kampung Kangkung, Destinasi Baru Wisata Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Balikpapan kini punya destinasi baru wisata. Terletak di Kelurahan Somber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah, destinasi wisata baru itu diberi nama Kampung Kangkung.

Diberi nama Kampung Kangkung karena wilayahnya dipenuhi hamparan sayuran kangkung. Dimana areal yang penuh sayur kangkung itu seluas 1,7 hektar. Pemerintah Kota Balikpapan juga menjadikannya destinasi edukasi.

Pengunjung bukan saja disuguhkan melihat hamparan hijau sayur kangkung yang memang sejak dahulu sudah ditanami warga sekitar, pengunjung juga bisa melihat sayuran lainnya seperti touge dan hidroponik.

Lurah Sumber Rejo Umar Adi mengatakan, destinasi wisata Kampung Kangkung tersebut, sangat cocok bagi pelajar dan mahasiswa sebagai bahan dan lokasi penelitian untuk mengetahui bagaimana cara bercocok tanam dengan baik.

“Melalui kampung kangkung yang dijasikan wisata edukasi ini, harapannya masyarakat sekitar bisa mengembangkan lagi lahan kosong yang tidak dipakai menjadi sentra sayuran,” kata Umar Adi.

Dia pun berharap, dengan adanya wisata Kampung Kangkung ini, akan membuat pengunjung maupun warga Balikpapan punya rasa ketertarikan k untuk bercocok tanam di halaman rumah maupun sekolah masing-masing.

“Biasa dari adanya bercocok tanam bisa membuat warga terinspirasi untuk memanfaatkan hasil yang nantinya didapat,” ujarnya.

Camat Balikpapan Tengah Edi  Gunawan mengungkapkan, sebelum ditetapkan menjadi destinasi wisata baru, sejak puluhan memang areal itu dipenuhi sayuran kangkung yang ditanam warga sekitar. Meski sempat arealnya berkurang karena beralih fungsi.

]

“Dengan pengembangan dan mempertahankan fungsinya, dapat menjadi contoh model kampung wisata. Masyarakat disini sangat mendukung sehingga bisa dengan mudah menjadi destinasi wisata,” ujarnya

“Rumah sekitar sinikan petani kangkung, apalagi kawasan ini banyak fungsi resapan air, mengangkat ekonomi sekitar, destinasi wisata kangkung pandangan terbuka.”

Untuk menuju lokasi Kampung Kangkung, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena lokasinya berada di tengah kota atau berdekatan dengan Pasae Segar Balikpapan Baru.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

4 Sekolah di Samarinda Terapkan Diseminasi Program PINTAR

SAMARINDA, INIBalikpapan.com — Berkat  motivasi dari dosen-dosen Universitas Mulawarman, empat sekolah dasar Katholik di Samarinda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.