Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Kantor Pelayanan Jadi Periotitas Sediakan Akses dan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Kantor Pelayanan Jadi Periotitas Sediakan Akses dan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Meski pembangunan gedung baru DPRD batal, namun fasilitas penunjang gedung yang ramah bagi penyandang disabilitas.
Namun hal ini memerlukan kajian.

Penyedian akses dan fasilitas bagi kaum disabilitas diupayakan ada di kantor pelayanan publik yang juga banyak diakses kaum diasabilitas.

Ketua Fraksi PKS DPRD Balikpapan Syukri Wahid mengatakan dalam konsep gedung baru DPRD disepakati ada ruang anak, lokasi, dan fasilitas penunjang bagi penyandang disabilitas.

” Kalau ini mau dibuat maka dibuatkan kajian dan rasio bagi teman-teman disabilitas agar punya akses bagi mereka disediakan tracking buat mereka bahkan ruang sendiri bagi mereka. Tapi saya tidak bisa teknis kesan karena itu ada di PU. beberapa OPD sudah menerapkan itu seperti contoh di catatan sipil yakni ramah bagi penyandang disabilitas,”jelasn Syukri usai menghadiri FGD

Menurutnya secara umum kantor pemerintahan kota belum ramah bagi penyandang disabilitas. Sejauh ini baru beberapa kantor puskesmas, Kecamatan dan Catatan Sipil yang sudah menerapkan kantor yang ramah bagi penyandang disabilitas.
” Itu butuh banyak butuh anggaran dan butuh dana besar. Tapi kita bisa buat rating bagi warga kota penyandang disabilitas itu akses banyak kemana saja. Dari situ baru kita buatkan jangan sampai kita perbaiki A ternyata tidak dimanfaatkan mereka. Seperti Rumah sakit, Puskesmas, Capil. Jadi ada periotas,khususnya pelayanan,” tandasnya.

Dalam FGD kajian pelayanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas, tuna sosial, korban perdagangan anak, lansia, ini bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang. Kegiatan digelar di Hotel Platinum dengan menghadirkan Dr Wilopo dengan Moderator Nurhadi Saputra. FGD dihadiri anggota DPRD Balikpapan, SKPD, Lurah, camat dan perwakilan organisasi kemasyarakatan maupun yayasan, organisasi penyandang disabilitas.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Kemensos Kucurkan Rp 194 Juta untuk 97 Lansia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mereka lanjut usia atau lansia dianggap memiliki kebijakan, kearifan dan pengalaman berharga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *