Home / IniEKONOMI / Kata Apindo Kaltim, Lembaga Sertifikasi Profesi Sulit Terealisasi

Kata Apindo Kaltim, Lembaga Sertifikasi Profesi Sulit Terealisasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Persoalan legalitas menjadi kendala dalam merealisasikan Lembaga Sertifikasi di daerah.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan hingga kini urusan legalitas menjadi kendala utama untuk merealisasikan lembaga sertifikasi. “Sudah ada nota kesepahaman dengan Pemprov Kaltim untuk mendirikan lembaga sertifikasi profesi dan training bagi pekerja. Tapi legalitas jadi kendala kami,” katanya baru-baru ini.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Apindo untuk pengesahan lembaga sertifikasi cukup rumit meski persyaratannya sudah lengkap disiapkan. Padahal lembaga sertifikasi sangat diperlukan didaerah.

Lembaga sertifikasi profesi di daerah memiliki manfaat yang besar bagi putra daerah. Dengan hadirnya lembaga sertifikasi daerah bisa meningkatkan sdm lokal dan mempersiapkan untuk bersaing dalam memasuki masyarakat ekonomi Asean (MEA).

“Selama ini hanya ada pelatihan dari Pemerintah tapi pemerintah juga terbatas anggaran. Sebagian perusahaan juga memiliki training centre namun masih sedikit jumlahnya,” tandasnya.

Untuk itu, Pihaknya tetap memperjuangkan lembaga sertifikasi untuk kepentingan umum di daerah.

Sementara itu, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi berharap lembaga sertifikasi profesi juga dapat didirikan di daerah untuk memudahkan akses sertifikasi setelah pelatihan.

“Nanti akan kami bicarakan dengan pemerintah pusat agar lembaga sertifikasi ada di daerah,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Launching Skuat Persiba,100 Anak-anak SSB Sikat Legenda Persiba 2-0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – 100 anak-anak yang tergabung dalam Sekolah Sepakbola Balikpapan (SSB) mempermalukan legenda Persiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.