Home / iniHL / Kebakaran Hanguskan Ratusan Rumah di Klandasan Ulu Belakang Kantor Pemkot

Kebakaran Hanguskan Ratusan Rumah di Klandasan Ulu Belakang Kantor Pemkot

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jelang tengah malam, ratusan warga Balikpapan di  5 RT kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan, Kota dibuat panik karena amukan si jago merah.

Ratusan rumah hangus terbakar melalap pemukiman RT 11, 12, 13, 22 dan RT 24. Kebakaran  diperkirakan terjadi pukul 00.10 wita pada Jumat (5/1/2018).

Kawasan tersebut merupakan pemukiman padat penduduk yang berbatasan dengan kompleks Kodam Mulawarman dan Kantor Pemerintah Kota Balikpapan.

Warga yang menjadi korban kebakaran kaget saat mendengar teriakan kebakaran dari lain.

“Saya lagi tidur bersama keluarga. Kaget sekali. Langsung keluar rumah, api sudah membesar dan mendekati rumah saya. Nggak tahu dari mana asal api,” ujar Reza warga setempat.

“Di sini kawasan padat penduduk. Banyak juga warga membangun kos-kosan,” lanjutnya.

Untuk memadamkan, petugas pemadam melalui akses jalan dari kawasan Rumah Sakit Tentara dr. Hardjanto. Sehingga menyulitkan mobilitas kendaraan pemadaman.

Apalagi banyak warga yang berkerumun menyaksikan kejadian ini.

Petugas Militer Kodam VI Mulawarman turun mengamankan lokasi terutama warga yang tidak berkepentingan.

Hingga Jumat dini hari, pukul 02.30 Wita, kobaran api terus membesar dan beberapa kali terdengar ledakan keras yang diduga dari tabung gas elpiji. Angin yang berembus kencang juga membuat amukkan api mendekati Rumah Sakit Tentara dr. Hardjanto.

Pemadaman yang dilakukan BPBD juga turut dibantu fire rescue dari Lanal Balikpaapan, Pertamina dan Chevron. Namun api terus membesar karena mayoritas rumah yang terbakar terbuat dari kayu.

Kebakaran besar membuat Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang didampingi Kepala BPBD memantau langsung ke lokasi kebakaran.

“Kita tanggap darurat dulu, nanti didata jumlah korban dan mendirikan posko bantuan,” ucapnya singkat.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Dana Pilkada Belum Cair, KPU Balikpapan Terpaksa Berhutang Rp 900 Juta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pasca Penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kota Balikpapan, KPU Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.