Home / iniFLASH / Kebakaran Hutan dan Lahan di Balikpapan Meningkat Dua Kali Lipat
Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno

Kebakaran Hutan dan Lahan di Balikpapan Meningkat Dua Kali Lipat

BALIKPAPAN, inibalikpapan.com – Hingga awal Maret 2019, kebakaran hutan dan lahan di Kota Balikpapan sebanyak 7 kali. Pasalnya, jumlah meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya dengan periode yang sama.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Suseno mengungkapkan dari tujuh kali peristiwa kebakaran kahutla itu paling besar ada di telindung. Dimana kebakarannya menghabiskan lahan sekitar 2 hektare.

“Karhutla ada 7 kali yang terbesar di telindung 2 hektar. Yang lain itu sekitar 100 atau 200 meter. Mungkin 2000-an meter totalnya yang terbakar dari 7 kali itu,” paparnya Jumat (15/3/2019).

Berdasarkan informasi dari BMKG suhu panas atau musim kering diperkirakan masih akan terjadi pada 21 Maret nanti.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi di Balikpapan pada kahutla lebih disebabkan bukan karena suhu panas.

“Hutan itu bukan disebabkan suhu itu ada potongan potongan pohon cuma ga bisa mengendalikan. Hanya kapasitas nya BPBD cuma memadamkan api. Kalo menindak bukan kewenangan kami,” tandasnya.

Suseno menambahkan upaya yang dilakukan apabila terjadi kebakaran di hutan maka langsung dipadamkan dengan berbagai upaya.

“Kalo unit tidak sampai kita manual menggunakan jetsuter. Di hutan itu bagaimana cepat memadamkan agar segitiga api tidak menyebar,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Balikpapan Kampanye dan Deklarasi Tidak Menggunakan Produk dan Kemasan Plastik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Kampanye sekaligus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.