Home / iniFLASH / Kebakaran Pipa Kilang Pertamina, Belum Bunyi Suling Reaksi Warga Biasa Saja

Kebakaran Pipa Kilang Pertamina, Belum Bunyi Suling Reaksi Warga Biasa Saja

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com – Kebakaran yang terjadi di salah satu jaringan pipa Kilang Pertamina pada pukul 09.30 wita, sikap yang beragam. Warga ada yang mengaku panik dan warga lainnya menyikapi dengan biasa. 

Wati Seorang Warga RT 40 Pandan Wangi Kelurahan Karang Jati Balikpapan Tengah tinggal persis dekat perbatasan kilang Balikpapan.

Jaraknya sekitar 500 meter atau tepat berada di belakang rumahnya. ” Saya lari ke belakang liat api gede betul. Kaget dadaku aja getar-getar saking panik gak lihat jam, ” tuturnya sambil mengenakan masker ditemui media di lingkungan rumah saat api sudah paham 12.15 wita.

Warga lainnya Lili mengaku tidak terlalu kaget atau panik.
“Gak ada bunyi suling tadi.Kalau bahaya suling biasanya bunyi terus maka kita duduk aja gak kaget”  katanya saat berbincang dengan tetangga sambil menggedong anak. 

RT 40 lainnya Ahmad juga demikian. ” Kalau saya gak kaget Tapi gak tau kalau yang lain. Katanya ada kegiatan pemeliharaan kilang Pertamina, ” ucapnya.

Kisno warga RT 39 yang berprofesi sebagai pemangkas rambut ini saat kebakaran masih menyelesaikan dan melayani pelanggan. Sejumlah warga panik namun dirinya lebih memilih tenang.

 

” Memang ada kebakaran tapi saya tadi sempat nyukur pelanggan. Ada yang panik keluar dari rumah memilih ke jalan,” katanya.

Kebakaran pipa Kilang Pertamina terjadi pukul 09.30 wita di jaringan pipa antar tangki. ” Yang terbakar di pipa minyak sisa pengolahan,” kata Manajer Communication and CSR Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari kepada media di kantor besar,  Kamis siang (15/8/2019).

Pertamina menurunkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit trailer foam. “Api sudah berhasil dipadamkan dengan menggunakan foam untuk titik apinmya dan air untuk melokalisir agar panasnya tidak menyebar,” ujarnya.

Kata dia, api pertama kali muncul sekitar pukul 09.30 Wita kemudian cepat membesar karena angin kencang. Namun langsung diantisipasi. Memang lokasi Kilang Minyak Balikpapan berada di pesisir Teluk Balikpapan.

Pada pukul 12.15 Wita api berhasil dipadamkan dan hingga saat ini proses penanggulangan pasca kebakaran atau upaya pendinginan terus dilakukan Pertamina untuk mengantisipasi agar tidak kembali muncul api di area pipa,” tukasnya.



Comments

comments

About andi aa

Check Also

Segera Beralih ke Kartu 4G, Telkomsel Konsisten Berikan Pengalaman Terbaik

MAKASAR, Inibalikpapan.com — Telkomsel  mengajak pelanggan yang belum mengunakan kartu 4G untuk segera beralih. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.