Home / IniEkonomi / Kementerian Sosial RI Minta Balikpapan Tambah Jumlah E- Warong

Kementerian Sosial RI Minta Balikpapan Tambah Jumlah E- Warong

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Staf Khusus Kementerian Sosial RI Eko Ernada meminta pemerintah Kota Balikpapan menambah jumlah E- Warong program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Saat ini baru tersedia 14 E-Warong di Balikpapan.

Senin Pagi (8/8/2018), Provinsi Kalimantan Timur meluncurkan di E-Warong (Warung Gotong Royong) di tiga kota yakni Balikpapan, Samarinda dan Bontang. Di Balikpapan peresmian dilakukan di E-Warong Berkah Sejahtera kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Eko mengatakan rasio satu E-Warong untuk 250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sehingga bila ada 10 ribu KPM di Balikpapan maka idealnya ada 40 E-Warong.

” Kita berharap jumlah bisa ditambah untuk melayani warga KPM dalam berbelanja secara elektronik,” harapnya l.

Setiap kartu E Warong berisi uang senilai Rp110 ribu yang disalurkan setiap bulan oleh pemerintah dengan bahan kebutuhan berupa beras dan telur.

Sementara untuk daerah yang belum terjangkau jaringan internet menurutnya penyalurannya tetap menggunakan pola lama seperti pembagian beras sejahtera. “Dari 15 juta KPM di Indonesia, 10 jutanya masuk di program BPNT. Nah, sisanya, 5 juta KPM itu konvensional,” jelasnya.

Eko menilai tidak ada kendala utama dalam pembentukan e warong hanya saja diminta pelaksana pengelola dari e warong adalah mereka yang berasal dari KPM.

“Kendalanya pada transisi dari beras sejahtera ke BPNT. Terutama pada validasi dan verifikasi KPM di perbankan. Pemerintah tidak mau penyaluran ini tidak tepat sasaran, tidak tepat waktu, tidak tepat jumlah dan tidak tepat kualitas serta tidak tepat administrasi,” terangnya.

Sementara Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi berkomitmen akan menambah E-Warong hingga mencapai jumlah ideal yakni sekitar 50an unit.

“Nanti dikoordinasikan dengan camat dan lurah supaya tahun ini terpenuhi dan warga juga dimudahkan karena ada 9.653 KPM,” kata Rizal Effendi.

“Kalau bisa, nilai bantuannya juga bertambah. Yang pasti 50an E-Warong itu, kita upayakan terealisasi tahun ini,” pungkasnya.

Jumlah KPM yang menerima BPNT di Provinsi Kalimantan Timur adalah sebanyak 64.432 KPM, yang terdiri dari Kota Samarinda sebanyak 17.574 KPM, Kota Bontang sebanyak 5.725 KPM, Kab. Kutai Kartanegara sebanyak 31.570 KPM, dan Kota Balikpapan sebanyak 9.563 KPM.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Bantuan 21 Negara Asing Dikirim Lewat Bandara Sepinggan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Sejak di tetapkan pemerintah sebagai satu-satunya kota yang menerima bantuan asing untuk korban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.