Home / iniFLASH / Kodam VI Mulawarman Siapkan 9.600 Personil Amankan Pemilu
Prajurit TNI

Kodam VI Mulawarman Siapkan 9.600 Personil Amankan Pemilu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Guna mengamankan Pemilu pada 17 April 2019, Kodam VI Mulawarman bersama Polda Kaltim, Polda Kaltara maupun Polda Kalsel akan bersinergi.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 9.600 personil TNI yang terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Pengamanan pemilu 2019 difokuskan pada, apel siap gerak, pengamanan pada masa kampanye, masa tenang, pengamanan pada saat pencoblosan dan penghitungan suara, pengamanan saat penetapan calon terpilih dan pelantikan.

Dalam pelaksanaannya ribuan personil TNI tersebut, terbagi dalam tiga rantai komando yang dipimpin Danrem 091 Aji Natakesuma Samarinda, Danrem 101 Antasari Banjarmasin dam Dandim 0905 Balikpapan.

Dari pemetaan yang dilakukan, ada tiga wilayah yang menjadi focus pengamanan pada pemilu dibawah Kodam VI Mulawarman yakni, Kaltim, Kaltara dan Kalsel, termasuk wilayah perbatasan.

“Selain itu ada pasukan saya yang dipersiapkan apabila dibutuhkan,” ujar Subiyanto.

Dia mengungkapkan, TNI hanya membantu untuk menciptakan situan aman dan kondusif, sebelum dan sesudah pemilu. Termasuk membantu jika terjadi bencana alam maupun menghadapai bahaya narkoba.

 “Karena dalam hal ini TNI membantu polri, untuk mewujudkan situasi aman dan tenang, maka aparat TNI-Polri harus dapat menjadi abdi negara yang amanah dalam mewujudkan netralitas,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Kembangkan Potensi Masyarakat Pesisir, Pertamina Bangunkan Resto Apung dan Budidaya Kepiting Keramba

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Mengembangkan  potensi masyarakat pesisir di Kelurahan Kariangau,  Pertamina Marketing Operation Region VI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.