Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Kontribusi Perusahaan Terhadap Lingkungan Sekitar Harus Lebih Besar

Kontribusi Perusahaan Terhadap Lingkungan Sekitar Harus Lebih Besar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan berharap, dengan disahkannya rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Penyelenggaraan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan pada akhir pekan kemarin, perusahaan lebih peduli lagi terhadap lingkungan sekitar.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin mengungkapkan, selama ini kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar masih jauh dari yang diharapkan. Hal itu juga yang selama ini kerap dikeluhkan masyarakat.

“Kita harapkan nanti kepedulian paling tidak dimana mereka (perusahaan) berada itu lebih maksimal. Nah kita minta kontribusinya perusahaan-perusahaan untuk membantu,” ujar Sabaruddin.

“Kita harapkan nanti dilingkungan dimana perusahaan itu ada dan beroperasi, kita harapkan itu kontribusinya ada, bukan hanya melihat dari sisi sosialnya,”

Dia mengungkapkan, selama ini kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar hanya melalui program corporate social responsibility (CSR). Itu pun tidak semua perusahan,mau menyalurkan CSR-nya, hanya perusahaan tertentu.

“Kalau yang selama ini kan artinya sesuai dengan kemampuannya, mau atau tidak. Karena selama ini kan melalui dengan CSR nya tidak ditentukan mau apa. Saya kira itu juga belum merata, tidak semua perusahaan,” ujarnya

Sementara dampak yang ditimbulkan akibat keberadaan perusahaan juga berpengaruh pada lingkungan sekitar. Termasuk pada fasilitas publik yang rusak karena ikut digunakan perusahaan. Seperti yang terjadi di wilayah Balikpapan Utara.

“Ini kan sebagain perusahan ada di Balikpapan Utara, itu ada beberapa jalan yang dilewati dengan kontainer mereka, jalannya rusak, harusnya dia juga peduli memperbaiki, tapi ternyata juga menunggu dari pada APBD,” ujarnya.

Karenanya lanjut Sabaruddin, keberadaan perda tersebut, nantinya perusahaan akan lebih aktif terhadap dampak yang terjadi dilingkungan sekitar. Tidak lagi hanya sekadarnya, tapi lebih berkontribusi.

“Untuk prosentasenya lebih besar dari sekarang,  karena lingkungan itu banyak hal-hal yang perlu kita konsen, disitu karena adanya suatu perubahan dilingkungan. Nah kita minta kontribusinya perusahaan-perusahaan untuk membantu,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Mediasi Heboh Even Berbau LGBT, Pentacity dan EO Sampaikan Pemohon Maaf di Media

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Organisasi sayap NU yakni Banser dan GP Anshor mendatangi kantor DPRD Balikpapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.