Home / IniEkonomi / Korban PHK Banyak Ikut Sertifikasi K3 Secara Mandiri

Korban PHK Banyak Ikut Sertifikasi K3 Secara Mandiri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pelambatan ekonomi dan gelombang PHK yang terjadi sekarang ini termasuk di Balikpapan, membuat pelatihan sertifikasi K3 di Balikpapan untuk perorang meningkat.

“Permintaan pelatihan K3 meningkat karena ini lagi banyak pemutusan hubungan kerja ya. Jadi mereka harus punya basic untuk punya keterampilan K3. Banyak mereka yang ambil sertifikasi K3 karena ini diperusahaan dibutuhkan ya untuk keselamatan kerja dipakai terus,” kata Yuni Training Konsultan Bima Nusantara HSE Training Center ditemui disela-sela pameran K3 di Dome.

Di Bima Nusantara HSE training Center pada tahun 2015 lalu sebutnya ada peningkatan 20 persen peserta pelatihan K3 dari perseorangan (non perusahaan). “Jumlah orang per even itu tiap pelatihan 15-20 orang. Setahun ada empat kali evenkegiatan. Kami juga harus ajukan permohonan pelatihan K3 ke Kementerian Tenaga Kerja karena sertifikasi mereka yang keluarkan,” terangnya.

Per tahun lalu sedikitnya ada 60 peserta yang mengikuti pelatihan. Karena situasi tengah menurun diakuinya, dari perusahaan yang mengirimkan karyawan ikut sertifikasi juga ikut menurun. “Kan sekarang lagi slow situasi, sebelumnya banyak itu dari batu bara migas tapi itu berpengaruh juga untuk ikut pelatihan. Sebelumnya kita bisa laksakan pelatihan 80-100 orang dalam setahun. Penurunan ini terjadi dua tahun terakhir.

“Kalau yang mandatory training safety dari perusahaan itu yang lagi turun. Misalnya petugas pemadaman kebakaran di perusahaan itu harus ada yang bersertifikasi, untuk P3K juga harus bersertifikasi,” sebutnya.

Yuni menyebutkan kebanyakan mereka yang beminat ikut sertifikasi K3 yakni K3 umum, kelistrikan dan kebakaran. “K3 Umum itu menyeluruh kayak kebakaran, kesehatan, teknikalnya masuk semua. Yang pribadi bisanya banyak di K3 umum,” jelasnya.

Biaya pelatihan dan sertifikasi per orang dikenakan Rp7,5 juta-8 juta . Yang membuat mahal sebut Yuni diantaranya untuk kegiatan pelatihan dilaksanakan 12 hari, ujiannya pun mendatangkan dari orang Kementerian selama dua hari pada hari terakhir pelatihan.

“Peralatannya juga mahal. Untuk 12 hari kita cover semua kayak lunch, equipmentnya maka mahal pelatihanya.pelatihanya dikantor di Syarifuddin Yoes nomor 183 dekat planet futsal,” tukasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Persiapan Logistik Pilgub Kaltim Capai 70 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU Kaltim memastikan semua logistic untuk pemilihan gubernur akan rampung 20 hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *