Home / iniFLASH / KPU Balikpapan Bantah Ada 72 Ribu DPT Bermasalah
Ketua KPU Balikpapan Noor Toha memeriksa berkas caleg

KPU Balikpapan Bantah Ada 72 Ribu DPT Bermasalah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU Kota Balikpapan membantah ada 72.849 data bermasalah yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan pada Agustus 2018 lalu . Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha.

Seperti diketahui sebelumnya KPU Pusat, Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) maupun sejumlah partai politik menyebut ada sekitar 31 juta pemilih yang bermasalah masuk DPT dan sekitar 72 ribu diantaranya masuk dalam data pemilih Kota Balikpapan

“Nah ternyata data yang sudah kita tetapkan bulan Agustus kemarin oleh parpol di tigkat RI masih masih banyak temuan-temuan yang pertama tetang kegandaan , kemudian data anomaly, data orang meninggal, data orang pindah,” ujar Toha.

Namun setelah dilakukan kordinasi dan verifikasi dengan Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) Kota Balikpapan dari jumlah 72.849 data yang dianggap bermasalah itu tidak semuanya benar atau hanya sekian ribu yang bermasalah.

Karena Data Disdukcapil Kota Balikpapan dari 72.849 yang dianggap bermasalah, yakni sebanyak 68.936 data aktif. Sementara sebanyak 260 data ganda, 99 data orang mati, data orang pindah 2.296, data anomaly 1.198 dan data tidak terdapat dalam database 60.

“Ya jadi bigunglah kita ini. Tapi walaupun begitu, semakein terang benderang, artinya data yang disinyalir 31 juta (72 ribu Balikpapan) bermasalah ternyata gak, segitu-gitulah. Memang ada data anomaly, orang meninggal masuk ada, orang pindah ada betul tapi tidak sebesar itu,” terangnya.

KPU Kota Balikpapan kini terus melakukan validasi data pemilih, sebelum dikirim ke KPU Provinsi Kaltim. Sehingga nantinya data pemilih yang sudah tetapkan atau daftar pemilih tetap hasil perbaikkan (DPTHP) tersebut, tidak lagi bermasalah.

“Harapnya tentu nanti setelah sudah kita validkan ini menutup pintu gugatan yang bersumber dari tidak valid nya data. Sebenarnya DPT kita ini sudah kita tetapkan pada Agustus 2018 lalu yakni 424.516, tapi kita perbaiki lagi,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Sidak Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tim Gabungan Satgas Pangan Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Disdag Kaltim dan Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.