Home / IniEKONOMI / Layanan 123 PLN, Operator Bisa Kena SP Hingga Pemecatan Jika Lalai Layani Keluhan Pelanggan

Layanan 123 PLN, Operator Bisa Kena SP Hingga Pemecatan Jika Lalai Layani Keluhan Pelanggan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan, PLN mempunyai aturan yang sangat ketat bagi seluruh operator telepon PLN di seluruh pelosok tanah air.

Bahkan jika nada dering telepon sampai 3 kali berbunyi namun tidak diangkat, maka secara otomatis sang operator akan mendapat surat peringatan dari pimpinan.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Kantor PLN wilayah Balikpapan, Ahmad Syauqi. Menurutnya layanan telepon 123 itu merupakan layanan pelanggan yang melayani berbagai informasi, seperti gangguan PLN, pasang baru, informasi tagihan listrik serta layanan lainnya.

Menurut Syauqi, layanan telepon PLN 123 ini memang benar-benar untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pelangganya.

“Para operator ini bertugas 24 jam. Dan selalu melayani semua telepon masuk. Biasanya didering ke dua sudah diangkat. Namun jika sampai didering ke 3 tidak diangkat, maka sang operator pasti dikenakan sangsi berupa surat peringatan,” jelas Ahmad Syauqi akhir pekan ini.

Aturan lebih ekstrem lagi ancaman dipecat bagi operator apabila para operator saat melayani pelanggan yang menelepon kemudian operator menutup ditengah-tengah pembicaraan.

“Ya kami pasti memecat operator telepon di call centre kami. Jika operator tiba tiba saja menutup teleponnya saat pelanggan menghubungi call centre kami,” tandasnya.

Ia juga menambahkan, call centre 123 milik PLN ini terbilang canggih. Sebab dari semua telepon yang masuk otomatis akan terekam pembicaraannya. Sehingga semua pelanggan yang menghubungi PLN dapat diputar kembali pembicaraan tersebut.

“Makanya dari rekaman tersebut kita bisa mengetahui kinerja operator dalam melayani pelanggan kami. Termasuk jika ada operator yang menutup telepon saat pembicaraan masih berlangsung. Di situ nanti akan jelas, kenapa operator menutup pembicaraan. Rekaman pembicaraan via telepon itulah yang menjadi dasar kami,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa call centre 123 PLN ini berlaku diseluruh Indonesia. Sehingga jika ada pelanggan PLN yang ingin menghubungi melalui hand phone cukup dengan menanbahkan kode wilayah sebelum menekan angka 123.

“Kalau Balikpapan kan kode wilayahnya 0542. Nah tinggal digabung saja. Tekan 0542 dulu kemudian 123. Maka otomatis akan tersambung ke operator kami,” pungkasnya.

Comments

comments

About san tri

Check Also

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Kaltim

JAKARTA, Inibalikpapan – Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kapolda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.