Home / iniFLASH / Lebih 800 Personil Terlibat Dalam Pelatihan PKD di Bandara Sepinggan

Lebih 800 Personil Terlibat Dalam Pelatihan PKD di Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  PT Angkasa Pura I Bandar Udara Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan menggelar latihan penanggulangan keadaan darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke 96 skala besar

Latihan ini melibatkan lebih dari 800 orang dari AP I dan stakeholder Balikpapan sepertipersonel airport emergency comittee dan airport security committee, anggota TNI-Polri, SAR, imigrasi, bea cukai.

Latihan PKD dibagi dalam tiga bagian, yakni simulasi kecelakaan pesawat terbang, kebakaran gedung serta penanganan bom dan ancaman keselamatan penerbangan berlangsung hingga Rabu malam pukul 22.00  Wita ini disaksikan R KNKT dan ombudsman RI .

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose mengatakan latihan ini untuk memastikan fungsi koordinasi antar instansi dalam menangani setiap peristiwa yang terjadi di bandara.

” Angkasa Pura I akan melakukan evaluasi untuk mengetahui apa saja yang harus diperbaiki baik dari internal maupun eksternal,” katanya Rabu malam didampingi GM AP I Sepinggan Handy Heryuditiawan.

Wendo Asrul Rose kembali menjelaskan melalui simulasi keadaan darurat ini personel dan fasilitas menjadi lebih tanggap dan sigap ketika terjadi kondisi emergency.

“Hal ini merupakan salah satu komitmen kami untuk mewujudkan roadmap to zero accident yang mengutamakan faktor safety, security, service dan compliance,” imbuh Wendo.

Disamping itu juga penting dilakukan  pada simulasi PKD dalam skala besar juga untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi dan komando antar unit maupun antar instansi sesuai dokumen penanggulangan keadaan darurat bandara dan dokumen program keamanan bandar udara.

Latihan PKD dilakukan PT Angkasapura I (Persero) setiap dua tahun. Latihan simulasi di Balikpapan merupakan latihan kedua sepanjang 2018. Sebelumnya, latihan telah dilakukan di Surabaya dan akan dilanjutkan di Manado, Semarang, Surakarta, Kupang dan Bali.

Pada malam ini latihan PKD Puncak dari kegiatan PKD adalah latihan penanganan kecelakaan pesawat saat malam hari.  Pelatihan digelar diujung landasan dekat Base Ops TNI AU Balikpapan 

Sebelumnya pada siang dan sore digelar  latihan penanganan bom dan ancaman keselamatan penerbangan, Rabu sore digelar latihan penanganan dan Penanggulangan kebakaran gedung di kantor AP I Balikpapan.

Di samping penanganan pada saat kejadian, juga latihan penanganan pasca kejadian, meliputi penanganan terhadap keluarga korban, serta simulasi media handling.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

DP3 Bersama DKK, BPOM, dan Satpol PP Sosialisasi dan Pemeriksaan Sapi Kurban

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Dinas  Pangan, Pertanian dan Perikanan(DP3)  bersama DKK Balikpapan akan melakukan pemeriksaan hewan sapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.