Home / IniADV-DPRD Balikpapan / M. Taqwa : Kita Butuh Penataan Lokasi Wisata
Pantai Manggar, salah satu primadona wisata Balikpapan

M. Taqwa : Kita Butuh Penataan Lokasi Wisata

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan menilai sector pariwisata memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan asili daerah (PAD) jika dikelola secara benar.

Ketua Komisi II M. Taqwa mengatakan, pihaknya terus melakukan kajian-kajian terkait pengembangan pariwisata dengan mengandeng universitas terkemuka

Salah satunya Universitas Brawijaya Malang melalui Fokus Group Discussion (FGD) yang membahas Rencana Induk Pembangunan Objek Wisata atau Ripow.

“Kita punya banyak potensi, tapi harus punya kajian akademis dulu untuk mengetahui potensi yang bisa dikembangkan di tengah keterbatasan anggaran,” ujarnya.

“Kita butuh penataan lokasi wisata yang terbentuk alamiah dan itu perlu kerja sama antara pemerintah dengan stakeholder,”

DPRD Kota Balikpapan pun menyetujui anggaran sebesar Rp 9 miliar khususnya untuk pembangunan sarana dan prasaran pendukung di Pantai Manggarr

“Ada beberapa infrastruktur yang harus dibangun di sana termasuk dinding penahan ombak, karena hanya itu aset pemerintah dan juga rawan abrasi. Sisanya, adalah objek wisata milik swasta seperti di pantai Lamaru,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Balikapapan, Oemy Facessly beryukur adanya bantuan anggaran sebenar Rp 9 miliar guna meningkatkan sarana dan prasarana di pantai Manggar.

“Alhamdulillah, itu kita maksimalkan untuk membangun pujasera agar tempat berjualan PKL lebih bagus, terus membangun pagar dan lainnya,” ujarnya.

Tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Balikpapan mencapai 2,7 juta jiwa dan 42 ribu jiwa merupakan wisatawan
Mancanegara. Sedangkan tahun ini semester pertama sekitar 675 ribu jiwa.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Bantuan 21 Negara Asing Dikirim Lewat Bandara Sepinggan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Sejak di tetapkan pemerintah sebagai satu-satunya kota yang menerima bantuan asing untuk korban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.