Home / iniFLASH / Mayoritas Usia Lanjut, Akses Pelayanan Haji Bandara Sepinggan Makin Nyaman
Calon jamaah haji Balikpapan saat keberangkatan melalui Bandara Sepinggan Balikpapan (18/7)

Mayoritas Usia Lanjut, Akses Pelayanan Haji Bandara Sepinggan Makin Nyaman


BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com — Sebanyak 449  calon jamaah haji Embarkasi Balikpapan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia type 747-400  melalui Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah, Jumat sore pukul 15.15 wita(19/7/2019).

Sebelumnya pada  Jumat pagi pelepasan dilakukan secara resmi Gubernur Kaltim Isran Noor,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kaltim serta stakeholder terkait di Embarkasi Balikpapan.

Pemberangkatan Jamaah Haji 2019 kali ini melalui terminal keberangkatan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019.

Sebanyak 15 Kloter Provinsi Kalimantan Timur yang akan di berangkatkan melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha, mengatakan  pemberangkatan Calon Jamaah Haji 1440H/2019M, PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan memastikan kenyamanan Calon Jamaah Haji yakni secara langsung menggunakan akses terminal keberangkatan.

“Ini berdasar evaluasi prosedur penanganan jemaah haji. Kita ingin memberikan pelayanan yang lebih baik,  nyaman karena mayoritas banyak jamaah usia lanjut,” katanya.

“Untuk proses pemberangkatan di area ruang tunggu pintu 1 Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan penumpang umum internasional tidak akan tercampur dengan  Calon Jemaah haji agar proses naik pesawat dipastikan bisa dikontrol,” tandasnya. 

Sebelumnya, AP I Balikpapan telah melakukan persiapan seperti mensimulasikan alur calon jamaah haji yang akan melalui terminal Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan bersama stakeholder terkait.

“Melihat calon jamaah haji tahun ini didominasi kalangan lanjut usia, untuk peningkatan layanan agar mendapatkan fasiltas toilet, pendingin ruangan dan garbarata”. tambah Farid.

GM AP I Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha

Farid menghimbau bagi masyarakat yang akan mengantarkan keluarganya sebaiknya di Asrama Haji Batakan karena di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan membatasi pengantaran Calon Jamaah Haji sesuai prosedur. Pihaknya telah melakukan sterilisasi berdasarkan Peraturan Menteri PM 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan.

Calhaj asal Kelurahan Sumber Rejo Balikpapan Tengah, Hasanuddin (60) mengatakan pelayanan haji bagua sejak di Embarkasi hingga pemberangkatan melalui Bandara Sepinggan.

” Dari manasiik, di embarkasi hingga di Bandara bagus sih pelayanan. Kalau persiapan saya bersama istri sudah siap. Harapan sehat, lancar ibadahnya dan bisanya balik lagi ke sini, ” katanya.

Pihaknya juga sudah mendapatkan penjelasan dari Kementerian Agama Balikpapan dan petugas haji untuk mempersiapkan diri terhadap cuaca. ” Ya disana kan panas kita coba hindari, banyak minum. Kalau ada saleb untuk lindungi kulit, ” ucapnya yang sejak 2010 mengikuti antrian haji.

Sebagai informasi Debarkasi Jemaah Haji 1440H/2019 akan dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2019 sampai 15 September 2019, Jemaah Haji tetap mendapatkan pelayanan yang sama dengan menggunakan fasilitas terminal Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.