Home / iniHL / Mulai Hari ini 48 Sekolah SMP Resmi Sekolah 5 Hari
Sekolah unggulan di Balikpapan

Mulai Hari ini 48 Sekolah SMP Resmi Sekolah 5 Hari

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com Pemerintah Kota hari resmi meluncurkan penerapan sekolah 5 hari tingkat SLTP di lingkungan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan.

Sekolah 5 hari ini baru diterapkan untuk 48 sekolah dari 75 sekolah SMP di Balikpapan baik negeri maupun swasta.

Peluncuran dilakukan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Senin pagi (8/1/2018).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Muhaimin menjelaskan kebijakan sekolah 5 hari sesuai Perpres 2017 menggantikan Permendikbud 17 tahun 2017 yakni dalam Perpres pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing boleh 5 atau 6 hari.

“Dari 75 sekolah disepakati melalui bidang Kabid smp ada 48 skolah siap. Yakni 22 sekolah negeri dan 26 swasta,”bebernya.

Hanya saja dari 23 sekolah negeri di Balikpapan hanya 1 yang masih menerapkan 6 hari sekolah yakni SMP 21Tanjung Batu.” Kenapa SMP 21 karena pulang pergi berbarengan dengan sekolah SD. Itu nggak bisa dipisahkan. Kalau pisah mereka pulang pergi bergantung pada pasang surut air laut,” jelasnya.

Mereka yang sudah menerapkan sekolah 5 hari menurut Muhaimin dari sisi prasarana dan guru sudah sangat siap. Namun bagi yang belum juga tidak masalah.

“Kalau 5 hari sekolah nambah 1 jam belajar. Pulangbya jadi 15.15 yang
biasanya 14.15. Jumat dilanjutkan ekstra kulikuker. Bagi sekolah yang masih 6 sekolah jam masuk 7.15 sampai 14.15.
Intinya seminggu itu belajar 40 jam,” terangnya.

Sebelumnya sekolah tingkat pertama sudah banyak yang menerapkan sekolah 5 hari yakni Istoqomah,Patra Darma,KPS, Al Aulia.

Sebelum diterapkan lanjut Muhaimin disdik kota telah melakukan sosialisasi agar kepala sekolah menyampaikan hal ini kepada orang tua murid.

“Kita coba tawarkan sekolah di Balikpapan apakah bisa 5 hari. Kami minta kepala sekolah komunikasikan ke orang tua. Hasilnya dari 75 sekolah SMP baru 48 sekolah yang melaksanakan sekolah 5 hari,” tukasnya.

Comments

comments

About rahma danty

Check Also

Klaim Cepat Penanganan, DKK Belum Menemukan Kasus Kematian Pasien Difteri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Hingga Minggu Ini Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mencatat ada 17 suspect Difteri sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *