Home / iniFLASH / NextDev Junior Telkomsel Diperkirakan Hasilkan 720 Aplikasi
(kiri-kanan) VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati, Kepala Sekolah SMAN 1 Yogyakarta Rudy Prakanto, Staf Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Sudarmaji, dan GM Youth & Community Telkomsel Area Jawa Bali Riki Agus Setiawan meninjau aktivitas belajar siswa SMA menggunakan aplikasi yang dibuat peserta NextDev Junior di SMAN 1 Yogyakarta. (foto Telkomsel)

NextDev Junior Telkomsel Diperkirakan Hasilkan 720 Aplikasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tak kurang dari 720 aplikasi mobile hasil kreatifitas para siswa dihasilkan pada program NextDev Junior ini yang diselenggaran Telkomsel di sejumlah daerah.

Telkomsel menggelar NextDev Junior untuk tingkat SMA di 8 SMA di Jogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Program yang bertajuk The NextDev, yang telah dilaksanakan Telkomsel sejak tahun 2013.

Kompetisi antar siswa untuk aplikasi yang telah mereka dihasilkan, yang kemudian akan diikutsertakan untuk kompetisi antar sekolah.

“Dalam NextDev Junior, para siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk  membuat aplikasi mobile sebagai sarana dan metode baru dalam kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan efektif.” jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati.

Menurutnya segmen remaja merupakan salah satu pengguna aktif Internet dan berbagai aplikasi digital, yang akan membangun Indonesia di masa mendatang. “Untuk itu melalui NextDev Junior, kami memberikan pelatihan pembuatan aplikasi mobile kepada pelajar SMA secara berkelanjutan untuk memperkenalkan dunia aplikasi lebih dini ke segmen ini. Tentunya ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menumbuh kembangkan ekosistem digital berbasis aplikasi.”terangnya.

Kegiatan ini melibatkan Oracle Studio dan Hicca Studio sebagai motivator dan inspirator dari pelaku industri aplikasi. Pelatihan NextDev Junior terbagi atas tiga tahapan. Tahap pertama diawali dengan seminar bagi seluruh siswa di sekolah terpilih, yang kemudian diikuti dengan penjaringan kandidat siswa dan training bagi siswa terpilih.

Pelatihan ini meliputi pengenalan awal aplikasi mobile, pengenalan perangkat lunak (software) untuk membuat aplikasi, dan pembuatan aplikasi mobile sederhana.

Pada tahap kedua, peserta dilatih untuk membuat aplikasi mobile yang dinamis berdasarkan layout, naskah, dan animasi. Lalu pada tahap terakhir, peserta melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi mobile tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan sehingga dapat diunduh atau diakses secara online oleh siswa.

NextDev Junior telah berlangsung sejak bulan Februari 2016, dan kedepannya Telkomsel juga akan menggelar NextDev Junior di SMA-SMA terbaik di setiap provinsi secara nasional.

NextDev bagia dari upaya pengembangan aplikasi digital, yang diharapkan akan mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu pilar utamanya adalah hadirnya berbagai aplikasi asal Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif.

 

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Sebanyak 70 Persen, Orang Gunakan Layakan Keuangan Formal

JAKARTA, Inibalikpapan.com — Untuk menjaga dan meningkatkan terus kinerja perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dibutuhkan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.