Home / iniFLASH / PAD Pantai Manggar Tidak Tercapai, Target Malah Dinaikan

PAD Pantai Manggar Tidak Tercapai, Target Malah Dinaikan


Inibalikpapan.com -Dinas Pemuda Olahraga Pemuda dan Pariwisata kota Balikpapan (Dispora Budpar) pada tahun 2015 ditargetkan  meraih PAD dari wisata Pantai Manggar Segar Sari sebesar Rp1,650 miliar. Namun sampai akhir tahun kemarin reaslisasi sekitar Rp 1,550 miliarr.

Belum tercapainya target tersebut karena masih murahnya tiket masuk pantai yang dikelola pemerintah kota ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pantai Manggar Segar Sari Rusliansyah mengatakan unutk mencapai target yang dicanangkan pada 2016 ini yakni sebesar Rp1,750 miliar, pemerintah kota harus melakukan perubahan aturan soal tiket masuk.

“ Target belum sampai, kita kurang Rp 100 juta. Tapi kita sudah berupaya maksimal. Memang masih kurang sekitar Rp 100 juta  lebih dikit dari yang sudah ditentukan. Kalau mau mencapai itu,memang harus direvisi aturanya,” tandasnya, kemarin (3/1/2016).

Rusliansyah menyebutkan satu alasan  masih belum tercapainya angka pemasukan sesuai target karena retribusi tiket masuk yang masih sangat murah Harga masuk saat ini pantai Manggar menerapkan tarif normal tak ada perubahan dari sebelumnya yakni Rp 3 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak anak.

“Kita sebenarnya tak berbeda jauh mengenai jumlah kunjungan  dari pantai lamaru yang dikelola swasta tapi mereka menarik tiket lebih mahal sehingga penghasil mereka juga jauh melebihi dari kita,” tandasnya.

Dia berharap ada penyesuaian harga tiket masuk sehingga bisa mendongkrak pemasukan PAD pantai Manggar.

Jika memebandingkan tiket masuk pantai yang dikelola swasta seperti Pantai Lamaru, untuk sepeda motor tiket masuk Rp15 ribu dan Mobil Rp20 ribu sementara di pantai Manggar tiket masuk sepeda motor hanya Rp5 ribu, mobil Rp10 ribu dan  anak Rp2 ribu sedangkan dewasa Rp3 ribu.

“ Di pantai Lamaru masuk orang Rp 15 ribu, motor 15 ribu dan  mobil Rp20 ribu. Jadi jauh sekali perbandingannya,” katanya.

“ Sejak 2010 kalau ngak salah tiket masuk ngak berubah.kita berharap ada aturan yang dirubah untuk penyesauaian tiket. Karena murah sekali tiket masuk,” sambungnya.

Sementara fasilitas pantai Manggar juga setiap tahun dilakukan perbaikan dan penambahan. Pada tahun 2015 lalu, telah banyak dilakukan penambahan guna mempercantik bibir pantai dengan dibangun sejumlah taman, bilik toilet dan pompa air.termasuk patung beruang madu.

“Bisa dilihat sekarang  kita sudah bangun patung beruang besar untuk tamannya walaupun belum selesai 100 persen tetapi sudah enak dipandang selain itu penambahan 8 bilik kamar mandi sehingga saat ini kita punya 48 pintu kamar mandi demi kenyamanan pengunjung dan pompa air untuk kebutihan air bersih,” tutupnya (Andi A).

 

 

 

 

 

 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

PSM Harusnya Menang WO Atas Persebaya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –  Pelatih PSM Makassar Darije Kalezić  pasrah ketika pemainnya harus melakoni laga tunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.