Home / iniHL / Pasca Pembersihan, Teluk Balikpapan Terpantau Bersih Dari Ceceran Minyak
Alat Yang Digunakan Melokalisir Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, saat kejadian akhir April 2018 lalu

Pasca Pembersihan, Teluk Balikpapan Terpantau Bersih Dari Ceceran Minyak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Teluk Balikpapan terpantau jauh lebih bersih dair ceceran minyak dibandingkan dua hari sebelumnya, setelah pembersihan perairan dilakukan pembersihan dan mengerahkan sejumlah peralatan penyedot minyak.

Empat tim diturunkan Pertamina untuk bekerja secara simultan untuk membersihkan perairan dari ceceran minyak dengan pembagian zona. Zona pertama mencakup area Pangkalan LLP, Jetty dan Kampung Baru. Zona dua mencakup area Rede (Kolam Pelabuhan) Teluk Balikpapan. Zona tiga mencakup Pantai Monpera dan Zona empat mencakup Outer Pantai. Untuk menyisir ke empat zona tersebut, digunakan 15 buah kapal yang dilengkapi dengan perlengan yang sesuai.

“Pemulihan sisa ceceran minyak di jetty 1 dilakukan menggunakan vacuum truck dan dilengkapi dengan oil boom dan Oil Spill Dispersan. Pemulihan sisa minyak di Kampung Atas Air dan Kapung Baru dilakukan dengan pengisaan penggunakan vacuum truck dibantu dengan penggunaan oil absorbant,” kata Region Manager Communication and CSR Pertamina, Yudi Nugraha, Kamis (5/4/2018).

Adapun kawasan Pelabuhan Semayang hingga Plaza Balikpapan, digunakan vacuum truck untuk penghisapan sisa ceceran minyak. Sisa ceceran yang masih ditemukan di Penajam diatasi dengan penyeprotan Oil Spill Dispersant.

Yudi menjelaskan pemulihan sisa ceceran dilakukan di lepas pantai teluk Balikpapan dengan menggunakan oil skimmer dan tug boat.

“Untuk menepis kekuatiran masyarakat, dilakukan juga gas test yang dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk memastikan tidak ada konsentrasi gas yang melebihi batas normal. Sosialisasi juga terus dilakukan,” bilang Yudi.

Selain itu, guna mengantisipasi keluhan kesehatan yang dialami warga Pertamina bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan membuka Posko kesehatan di Kampung Baru Ulu dan Kampung Atas Air, serta menyiapkan kan tim kesehatan jika dibutuhkan pengecekan kesehatan di lokasi lain.

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About y setiyono

Check Also

SKK Migas – KKKS Wilayah Kaltim Bantu Korban Banjir Samarinda

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bencana banjir yang melanda Samarinda ibukota Kalimantan Timur mengundang banyak simpati berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.