Home / iniFLASH / Paus Bungkuk Ditemukan Mati, Dikhawatirkan Sebarkan Penyakit, Bangkai Dibakar

Paus Bungkuk Ditemukan Mati, Dikhawatirkan Sebarkan Penyakit, Bangkai Dibakar


BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com —  Bangkai mamalia Paus Bungkuk ditemukan nelayan Sepinggan terdampar di pantai Lanud Dhomber,  Balikpapan pada Minggu (1/12/2019).

Paus Bungkuk ini ditemukan sudah dalam keadaan sudah membusuk dan sudah terdampar di pinggir pantai. Karena menimbulkan bau,  bangkai paus di bakar agar tidak menyebarkan penyakit. Belum diketahui penyebab kematian Paus Bungkuk ini.

Kordinator Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Manggar Dinas Pangan,  Perikanan dan Kelautan Heri Seputro mengatakan temuan mamalia Paus Bungkuk baru pertama kali dan belum ada data spesifik mengenai populasi ikan ini. Kemungkinan ikan ini mati karena predator lainnya seperti hiu.

” Jenis paus yang mati ini merupakan jenis Paus Balin atau Bungkuk yang masuk dalam spesies megaptera Novaebgliae. Hewan mamalia ini salah satu paus dengan ukuran Rorqual terbesar.  Yang ini ukuran panjang 10 meter dengan diameter 5 meter dan berat diperkirakan 2 ton lebih, ” jelasnya (2/11/2019).

Kasat Polair Polresta Balikpapan AKP Alfon Pasaribu mengatakan Kondisi paus yang sudah membusuk ini diperkirakan mati 5-6 hari lalu. 

” Kemudian terdampar di pantai Lanud Dhomber. Ini kita musnahkan dengan dibakar karena sudah membusuk. Tidak mungkin kita tenggelamkan di laut,” ujarnya.

Alfon menambahkan proses pembakaran ini dilakukan agar tidak menyebarkan penyakit mengingat bau busuk sudah menyengat. 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

DPRD Berau Kunjungi DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com —Sembilan anggota DPRD Berau melakukan kunjungan kerja ke DPRD Balikpapan,  Kamis pagi (5/12/2019). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.