Home / iniFLASH / Pemerintah Akan Menambah Alat Sensor Gempa di Kalimantan
BMKG keluarkan peringatan waspada angin kencang. Foto: dok.

Pemerintah Akan Menambah Alat Sensor Gempa di Kalimantan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah berencana akan menambah alat sensor gempa yang ada di Pulau Kalimatan. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan Mugianto

Penambahan ini dilakukan untuk memperapat alat sensor gempa yang sudah ada terpasang di sepanjang Pulau Kalimantan. Saat ini di Pulau Kalimantan baru ada terpasang sebanyak 12 alat sensor gempa.

Tahun ini rencananya akan ditambah sebanyak 5 unit yang merupakan bantuan dari Pemerintah Jepang dan pemerintah Jerman. Alat ini akan dipasang di sepanjang garis pantai Pulau Kalimantan yang meliputi Provinsi Kaltara, Kaltim dan Kalsel.

Sistem kerja alat ini yakni akan melakukan perekaman jika ada getaran gempa. Kemudian dikirim melalui satelit dan dikirim ke pusat gempa nasional yang kemudian diolah dan jika berpotensi gempa dan tsunami langsung disampaikan ke Pusdalop BMKG,TNI dan Polri.

Mugianto mengatakan, Pulau kalimatan terutama Bagian Timur meski relatif kecil namun memiliki potensi terjadi gempa dan tsunami karena memiliki sejarah dimana ada sesar-sesar yang aktif bergerak yang meliputi sesar kwadang, sesar adang,  sesar sampurna dan sesar mangkaliat.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Anggaran Bencana Kaltim Hanya Rp3 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menyebutkan anggaran pada tahun ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.