Home / iniFLASH / Pemerintah Australia Bantu Rp 100 Miliar untuk Gempa Sulteng

Pemerintah Australia Bantu Rp 100 Miliar untuk Gempa Sulteng

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Australia menambah jumlah bantuan bagi korban gempa Sulawesi Tengah dari sebelumnya Rp55 miliar ditambah Rp45 miliar.

Negeri Kangguru juga berkomitmen membantu pemerintah Indonesia membangunan kembali kota Palu, Donggala dan Kabupaten Sigi.

Minggu pagi (7/10/2018) melalui pesawat militer Australia A400 di Bandara Sepinggan Balikpapan, mengirimkan bantuan berupa ratusan tenda, genset untuk korban gempa.

Pesawat mendarat di Hanggar C Bandara Sepinggan Balikpapan bersama Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan AO.

” Pemerintah Australia akan terus memberikan bantuan. Satu pesawat sudah datang hari ini membawa kebutuhan korban gempa seperti tenda dan genset. Rencananya akan datang lagi untuk membawa bantuan serupa, ” katanya (7/10)2018).

Menurutnya bantuan diberikan kembali karena banyak korban jiwa akibat gempa bumi yang mencapai 1800 orang meninggal dunia dan luka-luka.
” Sebagai negara tetangga dan sahabat, Australia akan memberi bantuan yang dibutuhkan Indonesia untuk penanganan tanggap bencana, karena kita memiliki hubungan yang erat dengan Indonesia dalam bidang pembangunan, ” tambahnya.

Diakui akses jalan di lokasi gempa juga menjadi kendala yang dihadapi tim di lapangan namun pihaknya memastikan bantuan akan diterima korban gempa melalui kerjasama pertahanan Australia dengan PMI dan BNPB.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Polres Balikpapan Ungkap Kasus Curanmor Terbesar Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Jajaran Satuan Reskrim Polres Balikpapan mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) terbesar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.