Home / iniFLASH / Pemerintah Kota Terapkan e-Office, Bisa Tandatangan Berkas Dimanapun
Para pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan sedang mencoba penerapan e-Office

Pemerintah Kota Terapkan e-Office, Bisa Tandatangan Berkas Dimanapun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Guna menunjang kinerja Pemerintah Kota Balikpapan telah menerapkan aplikasi e-Office dalam dua bulan terakhir. Demikian disampaikan Kabid e-Goverment Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan, Adamin Siregar.

“Kita undang semua essolon tiga dan empat untuk lakukan tanda tangan elektronik. Besok (hari ini) essolon dua dengan target kita 400 dari kepala OPD, sekretarisnya juga,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya bekerjasama dengan Balai Sertifikat Elektronik dari Badan Syber dan Sandi Negara agar ratusan para pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan bisa menggunakan aplikasu e-Office.

Sebelumnya lakukan tanda tangan digital, kata Adanim, terlebih dahulu dilakukan perbaikan konsep, koordinasi pemberian nomor dan tanggal. Terakhir  penandatanganan surat elektronik yang sudah tersertifikasi oleh badan yang sudah ditunjuk tesebut.

“Dengan adanya tanda tangan elektronik ini juga mempermudah dan mempercepat dan lebih efisiensi. Karena mudah di mana pun selagi masih ada konektivitas bisa melakukan tanda tangan digital,” ujarnya

Dia mengungkapkan, penggunaan aplikasi e-Office tersebut, sudah sesuai dengan amanat undang-undang keterbukaan dan transaksi elektronik karena akan mempermudah kerja para pejabata ataupun pegawai

Pasalnya dengan menggunakan aplikasi e-Office pengesahan berkas-berkas dengan tanda tangan bisa dilakukan diamanapun  berupa tanda tangan dari pejabat yang bersangkutan bisa dilakukan dimanapun. Termasuk ketika sedang berada di luar daerah.

“Kami di Dinas perhubungan ini seluruh eselon ada 7 orang juga menggunakan karena lebih memudahkan dan bermanfaat untuk menunjang kinerja,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

“Jadi ini seperti tandatangan basah. Selama ini kan berupa hard aja. Dengan tanda tangan digital kita juga bisa ada pengurangan penggunaan kertas. Penandatangan berkasi bisa dilakukan dimana saja. Hanya mengklik aplikasi sudah dinyatakan sah.”

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Tambun Naibaho dan Indra Setiawan Teken Kontrak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mantan striker PSMS Medan Tambun Naibaho resmi menjadi bagian dari skuat Persiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.