Home / IniEKONOMI / Pemkot Balikpapan Bangun Sentra Industri Kecil dan Mikro
Kantor Wali Kota Balikpapan

Pemkot Balikpapan Bangun Sentra Industri Kecil dan Mikro

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemrintah Kota Balikpapan tahun ini membangun sentra industri kecil dan mikro di kawasan Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Setelah sebelumnya mendapat bantuan dana dari Pemrintah Pusat sebesar Rp 24,2 miliar.

“Tahun ini memasuki masa lelang yang dilaksanakan pada bulan Februari. Untuk pembangunan itu, kita dapat anggaran Rp24,2 miliar yang terdiri dari 11 paket pengerjaan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Balikpapan Doortje Marpaung.

Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan lahan seluas 6 hektar untuk pembangunan sentra industry kecil dan mikro tersebut dan saat ini persiapan pembangunannya baru memasuki persiapan lelang paket pekerjaan tahap I.

“Lagi disiapkan segala persyaratan untuk lelang dari paket itu. Dari anggaran yang digelontorkan itu ada sekitar 20-30% digunakan tahun ini untuk tahap awal,” ujarnya.

“Kami belum bisa pastikan, kapan pembangunan ini rampung karena membangun sentra industri diperlukan proses yang panjang dan anggaran yang besar. Apalagi sarana dan prasarana juga dilengkapi karena nanti disitu sekaligus tempat pengemasan dari produk yang dihasilkan,”

Doortje menyebutkan kawasan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur dipilih karena di kawasan ini terdapat sentra produksi tambak, budidaya rumput laut dan hasilnya.

“Disitu juga dekat dengan kawasan perkampungan nelayan, yang berdekatan dengan tempat pelelangan ikan (TPI),” ujarnya.

Dia menambahakan, di wilayah tersebut ada sekitar 125 pengusaha. Adapun yang beroperasi di sentra industri yakni petani, nelayan dan ukm yang memproduksi hasil laut.

Comments

comments

About glen

Check Also

DPRD Mediasi Heboh Even Berbau LGBT, Pentacity dan EO Sampaikan Pemohon Maaf di Media

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Organisasi sayap NU yakni Banser dan GP Anshor mendatangi kantor DPRD Balikpapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.