Home / IniEKONOMI / Pemkot Balikpapan Bangun Sentra Industri Kecil

Pemkot Balikpapan Bangun Sentra Industri Kecil

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan berencana membangun sentra industri kecil di wilayah Balikpapan Timur yakni kawasan Teritip pada 2017.

Hal tersebut, untuk mendorong hilirisasi sektor usaha kecil dan mikro. Rencananya pembangunan ini melibatkan pemerintah pusat melalui bantuan dana alokasi khusus (DAK).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan Doortje Marpaung mengungkapkan, sebenarnya rencana pembangunan sentra industry kecil tersebut, sudah sejak lama hanya saja terkendala anggaran.

“Rencana pengembangan itu baru terealisasi tahun 2017. Dengan pendirian rumah pengemasan produk maka tampilan pengemasan akan lebih menarik dan bagus apabila belum baik,” katanya.

Menurutnya, nantinya sentra industri kecil Teritip diarahkan sebagai sentra produksi berbahan baku hasil laut dan pertanian. Karena dikawasan itu memiliki potensi pertanian dan perikanan. Mengingat juga ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Manggar.

“Pembangunan SIKT akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Kalo dilihat dari siteplan dibutuhkan anggaran Rp80 miliar, tapi sekarang masih banyak yang harus dilengkapi seperti kajian untuk alat dan sasaran penerimanya siapa saja,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Setiap Persimpangan Dua CCTV Dipasang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memasang dua CCTV yang memiliki fungsi berbeda di sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.