Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Pastikan Akhir Tahun Waduk Tritip Beroperasi
Jokowi saat meninjau Waduk Tritip 24 Maret 2016 lalu

Pemkot Balikpapan Pastikan Akhir Tahun Waduk Tritip Beroperasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan memastikan akhir tahun Waduk Tritip sudah beroperasi. Bahkan proses pengisian air Waduk sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir. Hal itu disampaikan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

“Insya Allah sesuai dengan progres, Akhir tahun selesai dan bisa beroperasi. Ini kan program kerjanya pusat, anggarannya pun dari pusat, kita dikasih batasan waktu. Kalau tahun ini tidak terselesaikan bisa menjadi catatan tidak baik untuk Pemkot Balikpapan,” katanya.

Direktur Utama PDAM Balikpapan, Haidir Effendi mengungkapkan, saat ini sudah memasuki tahap finishing untuk uji coba dengan sistem Water Treatmen. Hanya saja memang baru bisa dimanfaatkan 80 liter perdetik dari kapasitas 200 liter perdetik.

Dia mengungkapkan, PDAM juga tengah melakukan pemasangan pipa untuk mendistribusikan air waduk ke pelanggan. Waduk Tritip sendiri merupakan salah satu proyek strategis nasional Kaltim sebagai penyumplai air baku di Kota Balikpapan.

“Pemasangan pipa juga sedang dibangun,”ujarnya.

Wadu Teritip ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar  2.43M³ yang diharapkan dapat menyediakan pasokan air baku sebesar 0,25 M³/detik. Dari waduk tersebut, Haidir menargetkan bisa secara bertahap menambah 8.000—10.000 sambungan baru.

Dia menambahkan, hingga kini PDAM baru bisa melayani kebutuhan air bersih sekitar 76 persen warga Kota Balikpapan atau sebanyak 101.000 pelanggan sambungan rumah. Sedangkan daftar tunggu untuk sambungan baru sebanyak 20 ribu.

Comments

comments

About glen

Check Also

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Kaltim

JAKARTA, Inibalikpapan – Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kapolda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.