Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Raih WTP Lima Kali Berturut-turut
Pelaksana Tugas Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud didampingi Ketua DPRD Abdulloh saat menerima penghargaan Opini WTP dalam pengelulaaan keuangan daerah

Pemkot Balikpapan Raih WTP Lima Kali Berturut-turut

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltim atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2017.

Penghargaan yang kelima kali berturut-turut itu diterima Pelaksana tugas Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas’ud,
di Kantor BPK Samarinda, Senin (28/05).

Rahmad mengungkapkan, tak mudah meraih WTP. Apalagi hingga lima kali berturut-turut. Pasalnya, dari beberapa kota/kabupaten di Kaltim hanya Balikpapan yang pemeriksaannya melewati BPK dan akuntan publik.

“Jadi cukup sangat ketat pemeriksaannya. Opini WTP bagi Balikpapan ini sudah luar biasa.” ujarnya.

Menurutnya, untuk bisa mempertahankan atau kembali meraih WTP, diperlukan pengawasan mulai dari sistem keuangan hingga SDM. Karena persoalan terberat semua daerah sama, yakni soal pengawasan dan SDM.

“Artinya, Pemkot Balikpapan mampu memperbaiki secara signifikan laporan keuangannya, semoga kedepan pengelolaan keuangan kota Balikpapan semakin baik lagi,” ujarnya.

Hingga Mei tahun ini, BPK telah menyelesaikan tahapan pemeriksaan terhadap 10 laporan keuangan pemerintah kota/kabupaten khususnya di Kaltim.

Laporan tersebut terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas.

Untuk memperoleh keyakinan yang memadai atas kewajaran laporan keuangan tersebut BPK juga melakukan pemeriksaan terhadap sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangaan.

Dalam penyerahan penghargaan tersebut juga di hadiri Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan beberapa Ketua Komisi serta Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD).

Comments

comments

About glen

Check Also

Sebanyak 70 Persen, Orang Gunakan Layakan Keuangan Formal

JAKARTA, Inibalikpapan.com — Untuk menjaga dan meningkatkan terus kinerja perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dibutuhkan pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.