Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Pemkot Balikpapan Terapkan e-Planning dan e-Budgeting 2019
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh

Pemkot Balikpapan Terapkan e-Planning dan e-Budgeting 2019

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan mulai menerapkan e-planning dan e-budgeting pada 2019. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh.

Menurutnya, selain Pemerintah Kota Balikpapan , Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kaltim juga akan mulai menerapkan e-planning dan e-budgeting pada 2019

“Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, Gubernur, Wali Kota, Bupati dan Ketua DPRD seluruh Kaltim sudah MoU dengan KPK untuk melaksanakan penganggaran e-planing dan e-budgeting,” ujar Abdulloh.

“Nah Balikpapan salah satu contoh kota yang akan melaksanakan e-planing bujgeting di 20019 sudah input,”

Menurutnya, penerapan e-planning dan e-budgeting itu agar dalam penyusunan anggaran daerah atau APBD lebih mudah, cepat dan tepat secara transparan, terbuka dan bisa diketahui masyarakat luas.

“Jadi ini kan kita melakukan pembinaan dengan KPK dalam rangka pembenahan-pembenahan dalam proses penganggaran, perencanaan terstruktur yang diketahui semua stakeholder yang bisa membina semua proses keuangan negara, ya tranbsparan dan terencana dengan baik,” ujarnya.

Khususnya dalam rencana kerja daerah (RKD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan dalam APBD.

Penerapan e-planing dan e-budgeting , akan memperkecil terjadinya praktek-praktek kecurangan dan penyimpangan oleh pihak-pihak yang berkepentingan terkait penggunaan anggaran daerah.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Butik Si.Se.Sa Syar’i Deluxe Hadir di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mengusung slogan ” Indonesia Leading Syar’i” Si.Se.Sa butik resmi hadir di ruko …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.