Home / iniFLASH / Pemkot Dorong Pemprov Terapkan Kebijakkan Ekologi Fiskal Transfer
Kantor Wali Kota Balikpapan

Pemkot Dorong Pemprov Terapkan Kebijakkan Ekologi Fiskal Transfer

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerapkan kebijakkan bantuan keungan berbasis lingkungan atau program ekologi fiskal transfer.

“Tentu kalau kebijakkkan itu diterapkan, akan berdampak positif bagi lingkungan, karena setiap program berbasiskan lingkungan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto.

Pasalnya kata dia, bagi Pemerintah Kota maupun Kabupaten yang ingin mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kaltim harus menyertakan program berbasis lingkungan.

“Jadi setiap bantuan keuangan yang diajukan kan harus ada program lingkungan, tentu kita mendorong kebijakkan itu bisa juga diterapkan di Kaltim, karena kan bagus,” ujarnya.

Menurutnya, satu-satunya daerah yang sudah menerapkan kebijakkan tersebut yakni Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Bahkan kebijakkan itu dituangkan dalam Peraturan Gubernur

“Kaltara sudah ada konsep pemberian bantuan berbasis lingkungan, itu kan bagus sekali. Nah mudah-mudahan Kaltim  juga seperti itu, tentu kami sepakat kebijakkan itu,” ujarnya.

Kata dia, jika kebijakkan itu diterapkan Kota Balikpapan paling diuntungkan karena program berbasis lingkungannya lebih baik, diantaranya larangan menggunakan kantong plastic maupun pengelolaan sampah.

“Kalau Kaltim kebijakkannya seperti Kaltara, Balikpapan pasti dapat banyak (bantuan anggaran) karena kebijakkan lingkungan kita lebih bagus ketimbang kabupaten kota lain,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah menerapkan kebijakkan bagi daerah-daerah Kabupaten dan kota yang ingin mendapatkan bantuan keuangan provinsi harus menyertakan program berbasis lingkungan.

Kebijakkan serupa juga diterapkan Pemerintah Kabupaten Jayapura Papua, dimana bantuan dana kampung berbasiskan lingkungan. Kebijakkan itu diterapkan dalam Peraturan Bupati.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.