Home / iniFLASH / Pemkot Balikpapan Segera Ajukan Sejumlah Proyek Strategis
Pantai Melawai (Get Borneo)

Pemkot Balikpapan Segera Ajukan Sejumlah Proyek Strategis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasca ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara ((PPU) dan Kabupaten Kutai Kertanegara sebagai Ibu Kota Negara (IKN), Kota Balikpapan sebagai daerah penyangga tentu akan berdampak postif. Karena pembahasan tekhnis akan lebih banyak digelar di Balikpapan

“Di pranya tentu pertemuan pembahasan teknis di lapangan pasti berpusat di Balikpapan. Tim dari Jakarta dan dari daerah pasti di Balikpapan. Dari segi fasilitas saya kira tidak diragukan Balikpapan sangat siap,” kata Wali Kotta Balikpapan Rizal Effendi

Rizal pun kembali mengungkapkan, akan mengajukan sejumlah proyek strategis ke Pemerintah Pusat agar segera dikerjakan. Satu diantaranya adalah perpanjangan landasan pacunya bandara Sepinggan yang sebenarnya telah lama direncanakan namun terkendala anggaran

“Yang penting perpanjangan runway dilakukan pendataan pembebasan lahan. Tetapi karena dulu dana provinsi terbatas jadi tertunda. Sehingga menurut saya percepatan benahi bandara harus dimasukan dalam protek strategis nasional,” ujarnya.

Lalu kata dia, pembebasan lahan seluas 300 hektare untuk perluasan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), percepatan pembangunan jembatan Tol Teluk Balikpapan yang menghubungkan Penajam dan Balikpapan. Jalan tol Balikpapan- Samarinda untuk kelancaran arus lalu lintas.

 “Proyek-proyek tersebut juga sebaiknya masuk dalam strategi nasional, karena Balikpapan akan jadi lumbung sumber daya manusia ibukota negara. karena itu menurut saya supaya ada percepatan pembebasan,” ujarnya lagi.

Rizal juga ingin coastal road atau jalan tepi pantai sepanjang 8 kilometer yang menghubungkan jembatan tol Teluk Balikpapan dengan Bandara Sepinggan bisa segera direalisasikan untuk menambah indah wajah depan Ibu kota negara. Rizal bahkan akan segera memanggil pihak investor.

“Kita ingin pantai Balikpapan jadi beranda ketika jadi ibukota. Pantai kita bisa di nikmati masyarakat, dunianusaha, wisatawan dan lain-lain. Catatan strategi nasional ini akan kita sampaikan. Pembangunan di Balikpapan memang cepat karena dulu kan ada kontraktor perminyakan swasta, sehingga bisa menyesuaikan konsep ibu kota,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

PT Angkasa Pura I Gelar Rakornas Legal Sekaligus Sosialisasikan Aplikasi SIAP

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Sebagai wujud komitmen pelayanan hukum yang lebih komprehensif, Divisi Legal PT Angkasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.