Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Penasaran Kondisi Rudenim, DPRD Lakukan Ini

Penasaran Kondisi Rudenim, DPRD Lakukan Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Adanya aksi perusakan fasilitas negara di Rumah Detensi Imigrasi atau Rudenim yang dilakukan para pencari suaka memantik penasaran DPRD Balikpapan. Sehingga Komisi I menjadwalkan inspeksi pada hari ini, Senin (23/4/2018).

“Kami baru mau sidak ke sana untuk melihat kebenarannya karena baru mendapatkan laporan lisan. Kami belum tahu dan belum melihat secara fisiknya” kata Abdulloh, Ketua DPRD Balikpapan.

Sehingga peninjauan itu dilakukan sebelum Rapat Dengar Pendapat atau RDP dengan pihak Rudenim dan unsur terkait lainnya. “Kami sidak dulu baru melakukan RDP,” tukasnya.

Sementara terkait keinginan para pencari suaka agar mereka dibebaskan, menurut Abdulloh, merupakan konsekuensi karena telah memasuki wilayah NKRI secara ilegal sehingga ditampung di Rudenim.

“Pihak Imigrasi kan telah menjamin makan dan kesehatan mereka. Kalau ingin bebas, ya kembali saja ke negara asalnya. Sementara ini nikmati saja penampungan itu,” ucapnya.

Terlebih, para pencari suaka yang mayoritas berasal dari negara Afganistan itu sulit untuk diterima menjadi warga negara Indonesia. “Prosedurnya yang tidak memungkinkan,” tegas Abdulloh.

Sebelumnya pada 21 April kemarin, fasilitas di Rudenim dirusak pencari suaka. Fasilitas itu diantaranya CCTV, fasilitas taman hingga pembakaran tempat sampah. Aksi perusakan itu dilakukan sekitar 50 sampai 60 pencari suaka.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

24 Februari Jalan Boulevard Sinarmas Land Menuju Km 7 Diresmikan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota akan meresmikan jalan¬† Boulevard Gran City tembus km 7 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.