Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Pengunduran Diri Haris Masih Proses Gubernur

Pengunduran Diri Haris Masih Proses Gubernur

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – DPRD Balikpapan telah memproses surat pengunduran Haris sebagai anggota legislative Fraksi Demorkat H Haris. Surat pengunduran diri menjadi syarat pencalonan calon legislatif untuk Pemilu 2019 yang dilayangkan kepada KPUD

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengakui pihak sudah memproses surat pengunduran diri ke Gubernur Kalt. Namun surat keputusan pengunduran diri masih menunggu resmi dari kantor Gubernur sehingga selama belum muncul SK pengunduran diri maka H Haris masih dinyatakan anggota DPRD.

“Selama itu belum atau sedang berproses, maka Haris masih menjadi anggota DPRD Balikpapan yang diangkat dan diberhentikan atas dasar Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltim,” jelas Abdulloh (1/8/2018).

Menurut Abdulloh SK Gubernur Kaltim menjadi pedoman dalam melakukan PAW. “Setelah SK turun, maka sejak tanggal itu maka yang bersangkutan sudah tidak lagi menjadi anggota DPRD,” tandasnya.

Karena itu dia meminta kepada H Haris untuk tetap bertugas sampai SK itu diterimanya.

“Kalau dia rela mundur dan tidak bekerja, ya salah. Dia harus kerja karena jabatannya masih melekat sebagai anggota DPRD,” imbuhnya.

“Aturan seperti itu. Ini bukan bicara moral lagi, tapi sudah bicara peraturan. Jadi, dia, Haris masih legal, masi sah sebagai anggota DPRD dan masih Ketua Fraksi Demokrat di sini,” jelasnya.

Abdulloh kembali menegaskan meski telah menerima surat dari Partai Demokrat bahwa pengganti Haris sebagai Ketua Fraksi dipegang oleh Mieke Henny yang juga menjabat Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan. mekanisme harus tetap melalui paripurna.

“Dia masih mewakili Fraksi Demokrat. Kalau anggotanya tidak menyetujui, apa dasarnya? Perlu diketahui, pergantian pimpinan fraksi nanti dibahas dalam rapat gabungan. Nantinya ketika rapat gabungan menyetujui untuk pergantian ketua fraksi maka mekanisme penetepannya melalui rapat paripurna. Nanti kami umumkan juga dengan dasar dari surat Partai Demokrat,” tukasnya.

Diketahui, Haris pindah dari Partai Demokrat ke PDI Perjuangan untuk pencalegan dalam Pemilu 2019 dengan dapil Balikpapan 1 atau Balikpapan kota.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Belasan Jurnalis Balikpapan akan Jalani Rapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan. com – Belasan jurnalis Balikpapan yang setiap hari melakukan kegiatan peliputan virus corona …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.