Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Tiru Jakarta dan Bandung dalam Pengendalian Harga, Pemkot Balikpapan Bisa Bentuk Perusda Sembako

Tiru Jakarta dan Bandung dalam Pengendalian Harga, Pemkot Balikpapan Bisa Bentuk Perusda Sembako

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa mengatakan perlu sistem yang baik dalam menciptakan pengendalian pangan di Balikpapan sehingga keadaan stabil dan tersedia mengingat Balikpapan Kota yang bergantung kebutuhan pokoknya dari luar Balikpapan.

“Inilah kita mau membentuk ini. Kita sudah belajar dari beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung. Mereka membuat perusahaan daerah,” katanya usai mengikuti FGD mengenai Pengendalian Pangan di Balikpapan (17/6/2019).

” Bahkan mereka buat stokis untuk kendalikan kebutuhan pokok sehingga kelengkaan, harga yang melangit itu tidak terjadi lagi kedepannya, ” lanjutnya.


Dia menilai pemkot telah memiliki Perusahaan daerah namun sejauh ini belum spesifik pada kegiatan pada bidang pangan untuk pengendalian harga. “Ketika dasar dan kerangka sudahjadi maka kita punya hokum untuk bentuk perusahaan daerah yang khusus pada penyediaan bahan pokok dan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

“Inisyaallah kalau ini running well berjalan baik peraturan daerah selesai ini bisa dilaksakanakan dong kan ini kebutuhan mendasar masyarakat Balikpapan,” sambungnya.

Ditanya apakah ini berbenturan dengan perda lainya, Politisi Gerindra ini menilai tidak akan terjadi karena memiliki tupoksi yang berbeda-beda yakni khusus mengatur kebutuhan pokok yang sangat penting.
“ Banyak even-even hari besar yang bermasalah dengan soal kebutuhan pokok ini. Jelang hari besar, jelang hari raya, factor cuaca ini jadi pemicu harga kebutuhan pokok kita tidak terkendali,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

PHM dan Elnusa Bentuk Konsorsium Penyedia Jasa Comenting di Delta Mahakam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) bersinergi dengan PT Elnusa membentuk konsorsium dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.